Sunday, December 27, 2015

Kerang Mutiara atau Kerang Rebus

Mengapa masih banyak yang mengeluh ketika menjumpai cobaan yang diberikan oleh Tuhan, karena sebagian dari kita belum mengetahui bahwa ada hal yang indah di balik sebuah masalah atau cobaan yang diberikan Tuhan. Tergantung bagaimana kita menyikapi semua itu.

Hidup adalah ujian, ujian menjadikan kita kuat dan menjadi yang terbaik. Ketika kita sekolah kita selalu diberikan soal-soal ujian diakhir semester bukan ? kemudian hasil ujian kita menentukan naik kelas atau tidak. Jika kita mampu menjawab soal-soal dengan benar dan baik maka nilai raport kita akan bagus dan kita akan naik kelas. Tentunya soal-soal yang diberikan adalah materi yang sudah kita pelajari, tergantung kita apakah kita bekerja keras dengan belajar lebih giat agar mampu menjawab soal-soal yang diberikan? Atau hanya banyak mengeluh, menyontek, tidak belajar dan hal-hal negatif lainnya.

Thursday, December 17, 2015

Menciptakan Goal yang Abadi

Jum'at, 18 Desember 2015
Didalam permainan sepak bola, tujuan para pemain tak lain hanya ingin memasukkan bola kedalam gawang atau nge-Goals sebanyak-banyak mungkin, lalu supporter berteriak yeeee goals. Karena dengan menciptakan goal tim mereka akan mendapatkan poin dan nama yang baik untuk tim.

Hey, tentu saja memasukkan bola kedalam gawang tidak semudah yang kita lihat sebagai penonton. Pemain bekerja keras, dan persiapannya pun membutuhkan waktu yang lama. Bukan hanya kerja keras saat dilapangan menghadapi lawan, namun persiapan ketika mereka latihan, kemenangan mereka membutuhkan persiapan. Yaps tujuan mereka hanya ingin menjadi pemenang sejati dengan menciptakan goal sebanyak-banyaknya. Kalau mereka tanpa tujuan, lantas untuk apa mereka bermain? Susah payah merebut bola kesana-kemari kalo mereka gak punya tujuan?

Sunday, December 13, 2015

Belajar Lagi, Belajar Dulu, Belajar Terusss

Kepahiang, 13 Desember 2015.
Tim
Apakah mimpi itu hanya sekedar angan-angan belaka? kemudian ada sebagian yang menuliskan impian-impian itu, dan terus berusaha mewujudkannya. Berawal dari angan-angan yang kuat, yah semua berawal dari mimpi.
Sejak masuk kuliah yang gak mengerti apa-apa, hanya membuat beberapa daftar impian setelah mengikuti sebuah seminar. Alhamdulillah satu per satu kertas yang bertuliskan beberapa impian pada saat itu hari demi hari membuat gerak pena untuk mencontrengnya, bahwa impian yang tidak mungkin terjadi itu sekarang bisa terwujud.
Terimakasih untuk tuhanku Allah Swt yang telah memberikan kemudahan, memberikan kebahagiaan hingga aku bisa terus melangkah, meski langkah yang kecil tapi selalu merasakan ada perubahan yang lebih baik dari diriku sebelumnya. untuk Ibu dan Ayah do’a kalian adalah faktor utama Allah meridhoi setiap langkahku.
Hari ini, minggu kedua di penghujung tahun 2015 pertama kali saya tampil memberikan motivasi kepada 300 lebih peserta yang ada di kabupaten Kepahiang. Pengalaman yang luaarr biasa, meski masih sedikit gerogi dan ada beberapa hal yang harus diperbaiki, aku takkan pernah lelah untuk belajar untuk menjadi yang lebih baik dari diriku sebelumnya.  terus tumbu, belajar, dan mengajarkannya.

Friday, December 11, 2015

Tentang Hujan

Sabtu, 5 Desember 2015

“kita main ke pantai aja yuk” ajakan antusias Rein.
“hayuuk !!!” dengan semangat Nae menjawab.
(awan mulai hitam, rintik-rintik halus hujan mulai turun)
“tapi mau hujan Nae, masih mau pergi” Rein mengadakan tangannya.
“gak apa-apa, kan tambah seru  bisa main hujan”  Nae tambah semangat kalo  hujan datang.
“its, okay” Rein menjawab dengan biasa.
(Rein tidak menyukai hujan, bahkan ia benci dengan hujan. Kalo hujan datang Rein mending tidur pulas dari pada harus menatap rintik-rintik hujan. Apalagi harus main hujan.. oh No !!)
***

Hari ini aku banyak sekali menemukan wejangan kebaikan, boleh jujur ? boleh gak nih ? boleh aja yaa? Hehe. tokoh Rein diatas adalah saya. Gak suka hujan bukan berarti gak mau hujan turun ke bumi, bukan !! saya lebih memilih diam dirumah, baca buku, dengar lagu, mengaji, atau tidur nyenyak dari pada harus bermain dengan hujan. Kalo bisa jangan sampai basah kena air hujan hehe.

Well, jangan ikutin ajaran yang sesat ini. Hujan adalah anugerah dari yang Maha Kuasa Allah SWT, bahkan ada doa khusus ketika turun hujan yang berbunyi “allahumma shayyiban nafi’an” yang artinya “ ya Allah jadikanlah hujan ini hujan yang bermanfaat”. Turunnya hujan ke bumi memberikan banyak manfaat, seperti menyuburkan tanaman, menyiram bumi yang kering kerontang, setidaknya dengan turun hujan bumi menjadi fresh lagi.

Ketika kita tahu bahwa yang kita pikirkan itu salah, yuk berubah ! nah yang dulunya saya nggak suka hujan bahkan sering mengatakan benci dengan hujan, itu salah ya ! suka nggak suka kita harus bersyukur, karena hujan merupakan nikmat. Buktinya banyak orang –orang yang memerlukan hujan untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka, petani misalnya sangat merindukan hujan untuk menyirami tanaman sayuran mereka, padi yang memerlukan banyak air, dan hal-hal lain.

Kini, menganggap hujan dengan bahasa yang biasa-biasa saja, tidak membenci dan tidak juga terlalu menyukai. Karena saya juga memerlukan hujan hadir ke bumi ini.
Terimakasih untuk Emme, hari ini sudah banyak mengajarkan hal-hal istimewa untukku. Semoga selalu bahagia ya mee, maaf selama ini banyak buat kesal. Tetaplah menjadi Emme yang baik hati. Salam sayang dari Ammah..


Semoga bisa sharing lagi di lain waktu ya…

Sunday, November 15, 2015

Menjelajah di Taman Wahana Surya, Bengkulu


Assalamualaikum wr,wb

Jenuh, bosan, lagi pusing sama kerjaan yang gak kelar-kelar ? atau hari-hari dipenuhi dengan tumpukan tugas kuliah dan sekolah ?

Baiklah, setiap dari kita pasti memiliki kesibukan masing-masing yang tak kunjung selesai (katanya). Terkadang bekerja atau menjalankan tugas dengan sangat terpaksa akan memberi dampak negatif  saja untuk diri kita. Kita sering ngeluh, lelah, bosan, dan galau bahkan menumpahkan kegalauan itu di dunia maya yang kadang tidak memberikan solusi.

Untuk kita yang memiliki kesibukan bersyukurlah masih diberikan wadah untuk bekerja, coba bayangkan kalau kita seorang pengangguran yang tidak memiliki aktivitas rutin pontang-panting mencari pekerjaan yang tak kunjung datang. Yang sedang bekerja menjari nafkah, atau  yang sedang kuliah/sekolah menuntut ilmu digelimangi tugas-tugas wajib banyak bersyukur dan wajib untuk mencintai pekerjaan kita, dengan menimbulkan rasa mencintai maka kita tidak akan seperti sedang bekerja, apalagi rasa terpaksa.

Namun, walaupun sibuk dengan pekerjaan kita juga harus meluangkan waktu untuk menjelajahi alam yang indah ini. manfaatkan waktu libur weekend kita untuk me-refresh pikiran dengan menjelajahi tempat-tempat yang bisa membuat kita bahagia dan banyak-banyak bersyukur. Saya sarankan ketika ingin mncari tempat untuk refresing kunjungilah tempat-tempat yang menarik yang masih dekat dengan alam agar kita tau indahnya alam ini sekaligus travelling.

Mahasiswi tingkat akhir seperti saya adalah mahasiswa yang sedikit memiliki waktu untuk jalan-jalan beda ketika masih awal masuk kuliah hihihi. Karena dipenuhi dengan tugas-tugas PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) di SMA N 4 Kota Bengkulu serta dibarengi dengan delapan mata kuliah disemester ini, pergi pagi pulang malam hehe. gak heran kalo banyak teman-teman yang masuk Rumah Sakit dirawat inap karena kelelahan disemester ini. Alhamdulillah saya  masih diberikan kesehatan hingga bisa melewati hari demi hari dengan CERIA. Dan semoga lekas embuh untuk teman-teman yang lagi sakit saat ini.

Nah hari ini, berhubung hari minggu jadi harus dimanfaatkan untuk menjelajah dalam rangka berpaling dari tugas-tugas kuliah dan PPL hehe, gak usah terlalu dipikirin yah yang penting dikerjakan udah itu aja, jangan dibuat pusing nanti sakit loh ya ! dibawa santai tapi kita kudu serius juga. Sempatin waktu buat jalan-jalan biar tau kalo alam ini indah dan penuh warna.

Awalnya pengen rame-rame tapi karena teman-teman banyak yang sibuk jadi saya hanya pergi berdua sama Ayuk Luli (panggilan dekat untuk Luli) , karena di Bengkulu lagi booming sama yang namanya tempat nongkrong “Wahana Surya” disemua media sosial temen-temen udah mejengin foto-foto mereka ditaman ini. udah lama pengen kesini tapi baru ada kesempatan hari ini. Taman ini kayak taman bermain untuk semua kalangan. Banyak yang bisa kita temui di Taman WS ini, seperti patung-patung hewan yang unik dan lucu, ada juga outbond seru untuk anak-anak dan orang dewasa. Recommended buat Anda yang mau ngajak keluarga besar piknik karena di taman ini tempatnya luas banyak pohon-pohon yang rindang, mushola, toilet,kolam yang diatasnya juga ada pondokan untuk yang gak mau santai dibawah pohon dan duduk diatas rumput-rumput, serta bisa juga bersantai ria memandang ombak lautan.






Tadi di Taman Wahana Surya mungkin karena hari minggu jadi Taman rame udah kayak ada acara !7-an hehe. pengen foto-foto aja ngantri jadi harus hati-hati ya kalo bawa anak-anak harus penuh pengawasan dari orang tua.

Selain itu didekat Taman WS ini ada tempat wisata juga yang sudah ada sebelum Taman WS ini berdiri. yaitu Wisata Sungai Suci, aduh tempat ini menarik sekali cocok banget buat kamu yang lagi pengen nenangin pikiran, memandang pinggiran laut yang masih alami dan segar. Dan nikmatin juga sensasi naik jembatan gantung yang unik tapi agak sedikit menakutkan hehe. Tempat ini tidak jauh dari Taman WS yang berada di Bengkulu Tengah sekitar 15-20 menit dari Kota Bengkulu.

Eh ketemu Kiyaa juga tadi di Taman
Mari menjelajah, temukan pesona wisata didaerah kita. Abadikan dan terus belajar dari alam. Karena alam juga mampu memberikan pembelajaran yang tidak bisa kita lupakan.

Wassalamualaikum wr.wb.

Minggu, 15 November 2015

Perindu Pagi.

Thursday, November 5, 2015

Menjadi Motivator untuk Diri Sendiri

                                               
Assalamualaikum.wr.wb

Haii, apa kabarnya ? semoga selalu sehat dan terus istiqomah memperbaiki diri ya? Tulisan ini saya tulis untuk menjawab beberapa perntanyaan dari para kepoers (hehe bercanda) tentang dua kata yang selalu tampil di akun media sosial saya, yaitu kata “PERINDU PAGI”

Pernah mendengar kata “Perindu Pagi”, mungkin kata itu asing, aneh, tidak terlalu hits, biasa saja, atau apalah untuk Anda, meski sederhana tapi bagi saya itu adalah kata yang menjadi acuan untuk membangkitkan semangat saya. Dan bisa jadi teman-teman memiliki cara tersendiri untuk membangkitkan semangat, maklum semangat kadang naik turun dan akhirnya menjadi MALAS.

 Aktivitas setiap hari yang di mulai saat matahari terbit hingga gelap datang membuat jiwa dan raga lelah, hampir seperti itu setiap hari yang kita lakukan. Oleh karena itu kita harus punya obat untuk mendongkrak semangat kita kembali. Kata “Perindu Pagi”  saya artikan seseorang yang merindukan kehadiran waktu pagi, dengan dua kata sederhana itu mampu memberi support kepada saya untuk selalu bangun lebih awal dari orang lain pada waktu pagi atau di sepertiga malam, suasana yang menenangkan dan menentramkan jiwa, tidak semua orang bangun menikmati suasana sepertiga malam.

Kadang rasa malas sering sekali menghampiri untuk tidak bangun, tapi mengingat sudah memiliki identitas “perindu pagi” kan malu kalo bangunnya kesiangan. Jadi bukan perindu pagi lagi tapi princess kesiangan hehehe

Nah kalo sudah punya niat untuk bangun pagi terus, mulai belajar juga untuk menjalankan kebaikan-kebaikan di waktu terbaik itu. Memang awalnya agak berat dan susah, tapi apa salahnya berusaha? Lama-lama insyaAllah jadi biasa.

 Mulai melangkahkan kaki berwudhu dan mengadu kepada Allah, dalam kondisi apa pun. Saat senang atau bahagia disitulah tempat komunikasi yang paling nyaman dengan-Nya, berinteraksi secara langsung. Apalagi ketika Anda sedang dirundung masalah, ungkapkan semua masalah Anda. Dan mintalah apa saja yang Anda inginkan. Allah sudah mengatakan dalam surat Al-Baqarah 186 :

“dan apabila hamba-hambak-ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku sangat dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah-Ku) dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran

Bagi Allah semuanya mudah, mudah saja bagi-Nya untuk mengubah nasib seseorang. Seperti membalikkan telapak tangan. Oleh sebab itu kita harus punya strategi mencari waktu yang tepat agar bisa berduaan dengan Allah. Hidup akan tenang jika kita berada didekat Allah. Untuk Anda yang masih sering mengeluhkan indahnya kehidupan ini, cobalah untuk mencari lebih giat lagi strategi menemukan keindahan itu, jangan hanya sebatas mengatakan mau dan ingin. Jika ditanya ada yang ingin masuk surga? Pasti semuanya menjawab mau !! tapi tidak ada strategi yang mulai direncanakan untuk menggapai itu. Ingat mau saja tidak cukup, Anda harus bergerak membentuk strategi.

Bagaimana sudah memiliki kata yang cetar untuk menjadi motivator di dalam diri Anda sendiri? Jika belum mulailah mencari, bangkit dari keterpurukan Anda yang menjadikan Anda kerdil. Manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna, setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda dan unik. Mulailah bergerak temukan potensi itu, mulailah dengan membuat strategi-strategi mini. Membuat kata penyemangat misalnya. Meski terkadang kita terlihat aneh dihadapan orang lain, namun yakinlah dengan keanehan itu Anda akan memberikan perubahan yang besar suatu hari nanti, orang lain hanyalah tambahan untuk kita, kita butuh orang lain untuk saling mengingatkan karena manusia adalah makhluk yang sering sekali lupa, oleh karena itu kita harus saling mengingatkan, mengingatkan dalam kebaikan.

“sungguh, manusia dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran” (Qs. Al-Asr 2-3)

Nah, jika tulisan ini bermanfaat silahkan untuk dipraktekkan di dalam kehidupan Anda, buat kata-kata yang menjadi ciri khas Anda dan memiliki makna yang luar biasa hingga mampu memberikan energi positiv pada diri Anda. Mulai dari langkah-langkah kecil tapi kontinyu maka Anda akan melihat hasil yang besar suatu hari nanti.


Salam Perubahan, Perindu Pagi

Friday, October 2, 2015

Latepost : Catatan Awal KKN...



Assalamualaikum. Wr.wb

Puji syukur atas nikmat Allah yang telah memberikan banyak kebahagiaan meski dikemas dalam kemasan yang berbeda, kenapa saya katakan berbeda? Karena manusia sering sekali mengeluh atas masalah yang ia terima padahal itu adalah cara Allah untuk menghantarkan kebahagiaan.

Ingin sedikit berbagi tentang permulaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang akhir-akhir ini sempat membuat saya galau. Ah galau selalu menghampiri diri manusia, galau akan menjadi jembatan mendewasakan pola pikir kita jika kita mampu mengendalikan kegalauan itu. Bukan malah berputus asa. Dan kesulitan kemarin hanya menjadi  tempat menoleh ke masa lampau dan katakana ah masalah kemarin, biasa aja tuh !

Keputusan untuk pindah lokasi adalah keinginan saya sendiri, yang awalnya ditempatkan di Kabupaten Kepahiang lebih kurang memakan waktu 2 jam dari Kota Bengkulu hingga di pindahkan ke lokasi di daerah pinggiran Kota Bengkulu tapi masih lumayan jauh juga dari pusat Kota, saya membutuhkan waktu 30  menit untuk menuju pusat Kota. Alasan untuk pindah agar bisa sesekali ke kampus dan masih bisa membantu di staff Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), alhasil karena melihat kondisi lokasi KKN berada di pinggiran kota tepatnya di Kelurahan Sumber Jaya RW 04 RT 01 akhirnya saya memtuskan untuk mundur dari PMB dan fokus ke kegiatan di KKN. Sempat sih kemarin ingin pindah lagi ke Kabupaten Kepahiang, tapi keputusan terakhir tetap di sini Kel. Sumber Jaya.

Alhamdulillah, ketentuan Allah memang yang the Best, disini banyak anak-anak yang lucu dan seneng banget ketika ngeliat kami. Mulai deh aku cubit-cubit pipi imut mereka *hehe. yang bikin terharu kami mau pulang eh mereka nunggu di pinggir jalan sambil melambaikan tangan mereka mengatakan “ daaaa ayuuuuk” dengan senyum manis mereka.

Saya sudah jatuh cinta sekali sama anak-anak disini, mereka baik, antusias, dan lucu-lucu. Semoga dengan hadirnya keberadaan kami disini bisa semakin membuat mereka bahagia dengan menyalurkan ilmu-ilmu yang kami miliki. Aamiin ya rabbalalamin.

Dan malam ini adalah malam pertama kami berada di sini, kita saling do’akan yah teman-teman agar disetiap langkah kita bernilai ibadah dan mendatangkan manfaat.

Bersiaplah untuk menjadi yang terbaik, karena kita adalah mahkluk yang sempurna  yang diciptakan Allah dan kita adalah umat terbaik.



Jazakumullah khayran..

Perindu Pagi, 25 Juli 2015
           

           

Tuesday, September 29, 2015

Miracle of Assalamualaikum



Assalamualaikum wr.wb.
                “Semoga yang menjawab salam saya semakin dipermudah semua urusannya, banyak rezekinya, selalu diberikan kesehatan, keselamatan, serta sukses dunia dan akhirat. Aamiin yarabbal’alamin”

Kalimat itu sering saya gunakan ketika saya menjadi moderator suatu acara, presentasi, atau sedikit berbagi ilmu dengan adik-adik disuatu acara. Awalnya yang menjawab salam hanya segelintir orang saja yang semangat menjawab salam bahkan ada yang tidak menjawab sama sekali. Tapi ketika saya mengawali salam dengan beberapa kalimat seperti contoh diatas, semua orang/peserta/adik-adik yang ada begitu antusias sekali menjawab salam saya.

Sering kali sesuatu yang kecil dan sering dianggap remeh memiliki dampak yang luar biasa didalam kehidupan kita. Kebiasaan yang sering kita lihat ketika masuk kedalam rumah, masuk ruang kerja, masuk kelas bagi pelajar, masuk kantor, dan bertemu teman. Kita sering lupa untuk  mengucapkan salam karena kesibukkan masing-masing yang mungkin memang super sibuk hingga kita lupa untuk mengucap salam. Bahkan ketika mengucapkan salam kita sering dianggap “sok alim, sok islami, fanatik, blabla..”

bisa jadi itu juga merupakan faktor pertama kenapa kita malu untuk mengucapkan salam.
Mari sejenak merenung, bila hidup hanya ingin dikomentari oleh manusia sedangkan komentar Allah jauh lebih penting. Akankah kita terus mengikuti jejak yang salah sementara diri semakin menua, hidup yang tak lama lantas kita gunakan untuk apa ? kalau bukan untuk beribadah? Padahal kita selalu mengharap surga tapi enggan  untuk berubah. 

Kali ini saya akan sedikit membahas tentang “the miracle of Assalamualaikum”. Saya yakin orang-orang yang tidak menjawab salam ketika ada yang mengucapkan assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bukan karena enggan menjawab tapi mereka belum mengetahui bagaimana dahsyatnya kalimat sapaan salam umat islam ini. Mungkin dengan tulisan ini bisa memberikan sedikit  pengetahuan indahnya berbagi.

Assalamualaikum, kesalamatan atasmu. Setiap orang didunia ini pasti ingin mendapatkan kesalamatan dimana pun ia berada. Ketika diperjalanan selalu berdoa semoga selamat sampai tujuan, ketika sakit minta diberikan kesehatan, bahkan yang sedang sekolah minta selamat agar nilai-nilai memuaskan.

Warahmatullahi, dan Rahmat Allah. Kasih sayang Allah. Siapa yang tidak ingin mendapatkan kasih sayang dari Tuhannya. 

Wabarakutuhu, Barokah atau Berkah. Berkah identik dengan optimalisasi manfaat. Harta yang berkah artinya harta yang bermanfaat untuk menolong orang lain, ilmu yang berkah artinya ilmu yang kita miliki bisa memberikan kontribusi untuk umat, serta umur yang berkah, umur yang digunakan dengan sebaik mungkin, umur yang yang digunakan untuk menebar manfaat dan mengejar ridha Allah.

Dahsyat bukan ? ketika kita bertemu dengan saudara muslim mengucapkan sapaan salam ini setiap hari kita saling mendoakan. Bukankah ada pepatah yang mengatakan “ tiada kata seindah doa” di setiap aktivitas kita selalu saling mendoakan. Dalam sapaan islam ini kita saling mendoakan dalam tiga hal : keselamatan, rahmat Tuhan, dan keberkahan. Mari tebarkan salam dan senyuman.

Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash ra, bahwasanya seorang laki-laki bertanya kepada rasulullah saw “apakah islam yang paling baik itu?” Rasulullah menjawab “ engkau memberi makan dan memberi (mengucapkan) salam kepada orang yang kamu kenal dan yang belum kamu kenal” (HR. Muttafaqun ‘Alaih)

Semoga kita selalu saling mengingatkan dan mendoakan. Sedikit pengetahuan yang saya miliki ingin saya bagikan kepada teman-teman. Semoga bermanfaat ya.

Mari kita budayakan salam, karena salam adalah cara paling mudah untuk mengikis rasa kebencian, menggerusi kemarahan, dan mencerahkan pergaulan (Imam Ibnu Hibban).

Selamat menebar salam.

Wassalamualaikum wr.wb.
Bengkulu, 30 September 2015.
               
               

Sunday, July 5, 2015

Jejak Announcer


Bissmillah,


Awal masuk kuliah, aku terbiasa mendengar siaran Radio via handphone jadul kepunyaanku, dengerin radio bisa dikatakan pelampiasan karena gak ada tv dikosan.tapi lama kelamaan jadi falling in love dengerin Radio. Selain bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru, bisa ikutan menjalin silahturrahim juga sama penyiarnya.

hari-hari hampir ditemani oleh radio yang selalu aku buka lewat handphone jadul Nokia tapi bermanfaat banget, atas izin Allah bisa ketemu sama penyiar-penyiar radio di kampus, sering di ajak main ke ruang siar, eh ditawarin buat latihan.

Bye the way, jadi penyiar itu gak segampang yang kita bayangkan yah !! aku pikir enak, mudah, gampang Cuma ngoceh didepan mix, berbicara sendirian. Dan ternyata ia akan mudah kalo kita terbiasa, biasa belajar, biasa latiham, dan yang paling penting adalah action.
Perjalanan yang membuat jejak-jejak perjuangan, awal menjadi penyiar yang menyedihkan. Aku pernah share tentang ini (baca Catatan Fb: Cerita di Balik Mixer). 

Usaha memang tidak pernah menghianati hasil, aku selalu percaya bahwa kemenangan itu butuh persiapan. Butuh banyak waktu untukku mempelajari tentang dunia broadcast, dan tentu saja perjalanan belajarku tidak berhenti sampai disini. Aku akan selalu belajar, apa pun itu. Belajar membentuk pribadi yang berguna untuk orang lain.

Terimkasih untuk kepercayaan dari PT. Radio Jazirah Bengkulu yang diberikan untukku, aku takkan pernah menyia-nyiakan kesempatan ini. akan menjadi jejak dalam kehidupanku agar suatu hari nanti mereka, mereka yang akan terlahir di dunia ini mengikuti jejak baik ini ketika nanti aku akan pergi meninggalkan dunia ini.mereka akan membuat jejak yang baik pula untuk generasi pembuat jejak selanjutnya.

Bukanlah orang yang pintar, jenius, brilian, dsb. hanya saja memiliki jurus tahan banting. Ah iya perempuan lemah seperti ini memiliki karakteristik tahan banting meski sudah terombang-ambingkan oleh ombak kehidupan yang kadang mengharuskan untuk tangguh dan kuat. Anggap saja ujian yang hadir adalah bentuk kasih sayang Allah kepada kita.

Toh sekarang diri ini masih saja diberikan nikmat yang tak terhingga hitungannya, semua kesusahan kemarin, dulu, adalah masa lalu yang menjadikan diri ini kuat.

                “Ketika engkau berada dipuncak ujianmu, dan engkau masih bertahan dalam kesabaran, kau akan merasakan manisnya kesabaran itu”

Dan pada akhirnya, aku pengen ngasih tau teman-teman kalo jadi penyiar radio itu asssikk banget, punya banyak teman, dapat pengetahuan baru, bisa ngilangin stress karena tugas kuliah yang menggunung, selain itu aku mendapatkan banyak buku-buku keren dari penulis muda Kota Bengkulu. Serta kecipratan ilmu-ilmu dari mereka. Allah maha besar.

Ini buku-buku yang aku ceritain di postingan kemarin (baca : Berawal dari Impian).

selain dapat pengetahuan baru ini
Bonus jadi Penyiar Radio


 Kalo yang ini hadiah lomba nulis ucapan selamat milad untuk salah satu stasiun Radio milik Pemerintah Prov. Bengkulu.

Untuk hiburan pas liburan *ups

Fabiayyi alaa irobbikuma tukadziban ? (Q.s. Ar-Rahman)

Perindu Pagi,19 Ramadhan 1436 H

Saturday, July 4, 2015

Momen BUBER

Bissmillah, Asslamualaikum. Wr. Wb

Momen berbuka puasa bersama atau sering disebut BUBER, BUBAR (Buka Bareng), BUKBER, dan sejenisnya adalah momen yang sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu. Apalagi ketika BUBER dengan orang-orang special kita, keluarga besar, sahabat, teman-teman dari masa kecil hingga sekarang.
Buka Bareng teman kelas Bio VIC
Tak jarang banyak tempat-tempat makan yang luas sengaja di modifikasi lebih menarik dan diperluas saat bulan Ramadahan tiba. Karena setiap harinya akan ada orang-orang yang buka bareng. Boleh jadi ada yang setiap hari, tapi mungkin bareng keluarga. Kan lebih asik ya !.
Selain menjalin tali silahturrahim momen buka bareng juga bisa memperkuat ukhwah kekompakan dan kebersamaan antar sesama.

Tapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat kita buka bareng diluar, hal yang paling penting adalah jangan sampai buka bareng memutuskan komunikasi kita dengan Allah SWT. Kenapa saya katakana demikian, karena saya sering melihat sendiri orang-orang yang buka bareng sering lalai untuk menjalankan kewajibannya, terutama shalat magrib. Apalah arti berpuasa tapi shalat kita tinggalkan. Tapi saya yakin yang sedang membaca tuisan ini adalah orang-orang hebat yang tidak pernah lalai akan perintah-Nya.

Mungkin kita sering menemui type-type orang yang belum bisa merasakan kenikmatan shalat, ia hanya berpuasa menahan lapar dan haus saja, sementara kewajiban-kewajiban seorang hamba banyak ia tinggalkan. Saat berbuka ia berbuka, dan langsung melahap habis makanan hingga kenyang dan akhirnya malas untuk shalat magrib. Tidak usah risau kita cukup memberitahunya dengan lembut dan mendoakannya semoga ia diberikan hidayah oleh Allah SWT.

Sedikit saya berikan tips agar tidak meninggalakan shalat magrib ketika Buber, saat sirene berbuka puasa berbunyi kita mengucapkan alhamdulillahirrabil alamin lalu membaca bissmillah dan minum air putih secukupnya boleh juga kalo mau minum air teh, atau sirup tapi ingat secukupnya saja. Kemudian jangan dulu langsung makan yang berat-berat coba lihat kalo ada makanan ringan seperti kurma, sepotong roti, agar-agar, cobalah untuk makan satu atau dua buah saja. Semua itu lebih kurang memakan waktu 5 menit kemudian cari tmpat shalat dan ajak juga teman-teman yang lain. Mengajak dengan kelembutan jangan memaksa ya !

Nah kalo sudah selesai shalat magrib kita bisa menikmati makanan yang sudah disiapkan, nikmatnya… ketika sudah menghadap kepada yang maha kuasa kita bisa dengan santai dan lahap menikmati makanan berbuka puasa, tapi jangan sampai kekenyangan ya. Jangan lupa dibulan puasa ada shalat yang tidak kita temukan dibulan lain yaitu shalat tarawih bersama di masjid. Rugi sekali kalo kita tidak shalat tarawih ke masjid.

Sudah selesai makan, mengobrol pun sudah puas, dan saatnya untuk pulang menuju ke masjid shalat isya dan tarawih bersama. Jangan sampai momen buber justru membuat kita meninggalakan kewajiban kita. Silaturrahim dengan teman-teman terjaga, dengan Allah pun bertambah.
terimakasih yang sudah motoin


17 Ramadhan 1436 H

Saturday, June 27, 2015

Sepucuk Surat untuk-Nya



Siapa sih yang gak pengen punya teman sejati yang sesuai dengan diharapkan? Pernah mendengar kalimat ini  “jodohmu adalah cerminan dirimu” artinya besar kemungkinan pasangan kita nanti adalah orang yang memiliki karakter yang sama dengan kita. Jika kita baik insyaAllah akan mendapatkan pasangan yang baik juga. Menanti calon imam hendaklah dengan memperbaiki diri kita terlebih dahulu.

Disetiap sujudku aku selalu menyertakan harapan-harapan indah itu, aku hanya berharap kepada yang Maha Hebat, yang bisa mengabulkan semua do’a-do’aku. Meski terkadang aku malu untuk meminta banyak karena ibadahku belum sempurna masih banyak kekurangan. Tapi Allah gak pernah mengecewakanku dengan serangkaian doa-doaku, aku yakin Allah akan mendengarkanku dan memberikan yang terbaik.

Untukmu pangeran impianku, yang entah keberadaanmu saja aku tidak tahu. Kamu sedang apa? Aku tidak memiliki kekuatan untuk mengetahui itu, dan aku pikir belum saatnya untukku tahu, aku tidak peduli seberapa sibuk kau disana, karena pilihan Tuhanku akan mengalahkan semua harapanku. Aku hanya bisa mengemas surat-surat tanpa goresan tinta ini disetiap sujud malamku, dan menunggumu seperti aku menantikan kehadiran pagiku.

Mungkin saja kau sedang mencurahkan isi hatimu diwaktu yang sama denganku, ah aku hanya bisa berharap dan terus berharap disetiap rangkaian doa ini, tidak akan ada yang mampu merobohkan kekuatan doa ini. tidak ada !

Ketenangan itu hadir ketika aku telah berkomunikasi dengan yang menciptakanmu, aku merayu Tuhanku agar aku dipertemukan denganmu, dipertemukan dalam keadaan iman dan islam yang tangguh nan kokoh. Aku tak berharap banyak untukmu pangeran impianku, teruslah perbaiki dirimu sebagaimana aku berusaha keras mencari kebaikan dan kebenaran itu untuk meraih cinta-Nya dan nanti aku akan dipertemukan denganmu memperkuat cintaku kepada-Nya.

Aku ingin kehadiranmu kelak menjadikan cintaku untuk-Nya semakin hebat, semakin kuat, dan semakin meningkat. Bukan malah sebaliknya, aku tidak ingin mencintaimu melebihi cintaku kepada-Nya. Begitupun demikian untukmu, cintailah aku sekedarnya saja. Aku ingin cinta-Mu akan bertambah luas untuk-Nya ketika aku telah berada disampingmu.

Aku hanya ingin menjadi fasilitator agar kau semakin dekat dengan-Nya dan perlahan membimbingku untuk mengikuti jejakmu, suka duka adalah variasi dari kehidupan. Kebahagiaan itu milik orang-orang yang pandai bersyukur bukan? Aku yakin jika kau telah mencintai-Nya lebih dari apapun kau kan memberikan yang terbaik juga untukku. Ingat cintai aku sekedarnya saja. Cinta yang katanya besar itu cukuplah untuk Tuhan kita (Allah)

Ini impianku, ini harapanku yang aku unggah disetiap sujud malamku. Harapan ini adalah kekuatan untukku, agar aku bisa dipertemukan denganmu. Yah dengan engkau yang tidak pernah aku ketahui. Tak membuatku menyerah, karena aku yakin kau adalah pangeran terbaik pilihan Allah untukku.

Tak usah khawatir, aku akan selalu berusaha untuk istiqomah, perjalanan ku masih panjang untuk menantikan kehadiranmu menjemputku membawa aku ke tangga perjalanan meraih cinta-Nya. 
 
Bait-bait dalam surat ini akan selalu hadir meski tanpa goresan tinta, percayalah Allah maha mengetahui isi hati makhluknya. 


Perindu Pagi
Bengkulu 10 Ramadhan 1436