Sabtu, 04 Juli 2015

Momen BUBER

Bissmillah, Asslamualaikum. Wr. Wb

Momen berbuka puasa bersama atau sering disebut BUBER, BUBAR (Buka Bareng), BUKBER, dan sejenisnya adalah momen yang sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu. Apalagi ketika BUBER dengan orang-orang special kita, keluarga besar, sahabat, teman-teman dari masa kecil hingga sekarang.
Buka Bareng teman kelas Bio VIC
Tak jarang banyak tempat-tempat makan yang luas sengaja di modifikasi lebih menarik dan diperluas saat bulan Ramadahan tiba. Karena setiap harinya akan ada orang-orang yang buka bareng. Boleh jadi ada yang setiap hari, tapi mungkin bareng keluarga. Kan lebih asik ya !.
Selain menjalin tali silahturrahim momen buka bareng juga bisa memperkuat ukhwah kekompakan dan kebersamaan antar sesama.

Tapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat kita buka bareng diluar, hal yang paling penting adalah jangan sampai buka bareng memutuskan komunikasi kita dengan Allah SWT. Kenapa saya katakana demikian, karena saya sering melihat sendiri orang-orang yang buka bareng sering lalai untuk menjalankan kewajibannya, terutama shalat magrib. Apalah arti berpuasa tapi shalat kita tinggalkan. Tapi saya yakin yang sedang membaca tuisan ini adalah orang-orang hebat yang tidak pernah lalai akan perintah-Nya.

Mungkin kita sering menemui type-type orang yang belum bisa merasakan kenikmatan shalat, ia hanya berpuasa menahan lapar dan haus saja, sementara kewajiban-kewajiban seorang hamba banyak ia tinggalkan. Saat berbuka ia berbuka, dan langsung melahap habis makanan hingga kenyang dan akhirnya malas untuk shalat magrib. Tidak usah risau kita cukup memberitahunya dengan lembut dan mendoakannya semoga ia diberikan hidayah oleh Allah SWT.

Sedikit saya berikan tips agar tidak meninggalakan shalat magrib ketika Buber, saat sirene berbuka puasa berbunyi kita mengucapkan alhamdulillahirrabil alamin lalu membaca bissmillah dan minum air putih secukupnya boleh juga kalo mau minum air teh, atau sirup tapi ingat secukupnya saja. Kemudian jangan dulu langsung makan yang berat-berat coba lihat kalo ada makanan ringan seperti kurma, sepotong roti, agar-agar, cobalah untuk makan satu atau dua buah saja. Semua itu lebih kurang memakan waktu 5 menit kemudian cari tmpat shalat dan ajak juga teman-teman yang lain. Mengajak dengan kelembutan jangan memaksa ya !

Nah kalo sudah selesai shalat magrib kita bisa menikmati makanan yang sudah disiapkan, nikmatnya… ketika sudah menghadap kepada yang maha kuasa kita bisa dengan santai dan lahap menikmati makanan berbuka puasa, tapi jangan sampai kekenyangan ya. Jangan lupa dibulan puasa ada shalat yang tidak kita temukan dibulan lain yaitu shalat tarawih bersama di masjid. Rugi sekali kalo kita tidak shalat tarawih ke masjid.

Sudah selesai makan, mengobrol pun sudah puas, dan saatnya untuk pulang menuju ke masjid shalat isya dan tarawih bersama. Jangan sampai momen buber justru membuat kita meninggalakan kewajiban kita. Silaturrahim dengan teman-teman terjaga, dengan Allah pun bertambah.
terimakasih yang sudah motoin


17 Ramadhan 1436 H

1 komentar:

  1. bener banget, biasanya kalo bukber sama temen emang kadang suka kelewat solat magribnya hehe

    BalasHapus

ditunggu kritik dan sarannya ya,

 

diarypopi.com Template by Ipietoon Cute Blog Design