Friday, March 4, 2016

Ada atau Tidak yang Melihat, Wajib Taat.


Terimakasih sudah berkenan hadir ditulisan sederhana ini. Semoga sahabat selalu semangat dalam meraih surga-Nya.

Pantai Tapak Paderi, Bengkulu.
Terkadang penilaian manusia terlalu kita pikirkan, ketika mendapat pujian kita akan merasakan kebahagiaan, sebaliknya ketika mendapat respon  yang kurang bagus dari orang lain terhadap apa yang telah kita kerjakan dengan susah payah, tiba-tiba dunia seakan hancur lebur, dan hidup menjadi tak semangat.

Pernahkah kita merasakan hal yang demikian ? jika benar iya, artinya kita hanya mementingkan penilaian dari manusia semata.  Saya takut jika kita masih bertahan dengan pola pikir seperti itu yang didapatkan ketika bekerja atau beraktivitas hanya mendapatkan lelah saja.

ada banyak kisah yang menceritakan tentang ketaatan seseorang yang benar-benar taat terhadap Tuhannya, seperti kisah seorang Ibu dan Anak penjual susu sapi ketika suatu malam Ibunya hendak mencapurkan air biasa kedalam susu sapi agar volume air susu menjadi banyak, tapi sang anak menolak dan mengatakan “bahwa Allah melihat kita bu, meski tidak ada orang lain yang melihat” (lebih kurang ceritanya seperti itu). Sama pun dengan cerita-cerita pedagang yang mencuri berat timbangannya. Na’udzubillahiminzalik.

Sahabatku, setiap hari kita bekerja, bersekolah, berkegiatan yang begitu banyaknya. Terkadang membuat kita lupa bahwa kita selalu dalam pengawasan Allah.

Ketika ada bos, kita bekerja dengan rajin, ketika ada atasan kita bekerja sebaik mungkin, tetapi ketika tidak ada atasan, ketika tidak ada orang lain yang melihat kita malah bekerja malas-malasan, bekerja asal-asalan. Pun ketika beribadah, dan sesungguhnya kita bekerja itu adalah ibadah (mencari ridha Allah). Kita hanya rajin sholat ketika ada mertua (misalnya ya), bersedekah ketika banyak yang melihat, memberikan pujian karena mau imbalan, dan sebagainya.

Didalam firman Allah sudah sangat jelas sekali bahwa Allah Maha Mengetahui. Salah satunya :
“Dan Dialah yang berkuasa atas hamba-hamba-Nya, dan Dia Maha Bijaksana, Maha Mengetahui” (QS. Al-An’am:18)

Entah dimanapun kita berada, apa pun pekerjaan kita, sedang bersama siapa kita semoga kita senantiasa taat meski tidak ada manusia yang melihat, karena sejatinya Allah yang mengawasi kita lewat sisi tv-Nya yang Maha Mengetahui, sekali pun itu didalam hati.

“Dialah (Allah) yang menciptakan apa yang ada di bumi untukmu kemudian Dia menuju ke langit,dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Dan dia maha mengetahui segala sesuatu” (QS. Al-Baqarah :29)

Ya Allah, semoga kami termasuk  ke golongan orang-orang yang benar-benar taat kepada-Mu. Ada atau tidak yang melihat kami tetap taat. Tulisan sederhana ini adalah nasehat terutama untuk diri saya sendiri. Jika memiliki nilai manfaat bagi sahabat mari sama-sama kita aplikasikan didalam kehidupan kita.

Bengkulu, 04 Maret 2016.
Salam, Perindu Pagi.




No comments:

Post a Comment

ditunggu kritik dan sarannya ya,