Friday, March 25, 2016

Menjemput Jodoh Impian dan Berkah: Versi Kang Abay dan Baba Faqih (Ust. Ahmad Farhan)

Dari mana datangnya cinta ?

“dan diantara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah Dia yang menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan tenteram kepadanya. Dan Dia menjadikan diantaramu rasa cinta dan kasih sayang” (Q.S Ar-Rum : 21)

sedikit mengulas tentang cinta, jodoh, dan pernikahan. Kesimpulan dari materi hasil ikut seminar Pra-Nikah minggu lalu. Banyak yang nanya sih, gimana ceritanya seminar Pra-Nikah kemarin? Ceritain dong? Kata beberapa teman saya yang gak sempat hadir diseminar itu.

Sabtu, 19 Maret 2016.
Mbak-mbak dari PWNA (Pimpinan Wilayah Nasyi’atul Aisiyah) mengadakan seminar Pra-Nikah. Tentu seminar ini dikhususkan bagi yang belum menikah dan siap menikah. Peserta hampir 150 orang dengan mengahdirkan pembicara seorang Motivasinger, penulis, pencipta lagu, dan youtubers. Namanya adalah Bayu Aditya Anugrah alias Kang Abay, sudah pada kenal kan ya? Kalau belum silahkan googling hehe. Dan pembicara yang kedua adalah Ust. Ahmad Farhan seorang Dosen dan dikenal sebagai Da’I Muda di Kota Bengkulu.



Materi dari Ust. Ahmad Farhan ( Baba Faqih)
Jodoh itu cerminan diri. Jika niatnya baik, prosesnya baik, insyaAllah endingnya juga baik. Jodoh itu datang pada saat yang tepat cepat atau lambat. Allah punya cerita dan sebaik-baik yang punya rencana.

Kata ust. Farhan yang pertama untuk menjemput jodoh adalah cek dan kroscek niatmu. Niat nikah untuk apa? Jangan menikah kalau niat nikah bukan untuk beribadah. Yang kedua selalu perbaiki diri memantaskan diri dihadapan Allah. Yang ketiga, banyak berdo’a, mendo’akan, dan minta dido’akan. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S Al-Baqarah : 186.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran

Jadi mintalah apa saja kepada Allah, termasuk jodoh. Karena Allah sebaik-sbaik tempat untuk meminta dan nggak pernah PHP hihi.

Nih ada quote dari Baba Faqih :
“jika rasa itu benar, maka biarkan ia terjaga, jika tiba waktunya, semoga menjadi nyata”

Untuk yang sudah siap menikah, niatnya baik karena Allah dan sebagai penyempurna agama semoga disegerakan ya. Semoga niat baikny segera terlaksana.

Materi dari Kang Abay
Kata Kang Abay aktualisasi cinta itu hanya ada didalam pernikahan, bukan dengan ikatan yang belum halal seperti pacaran. Nah yang punya pacar #udahputusinaja. Jika belum siap menikah terus fokus memperbaiki diri, mengejar impian, dan menjadi yang terbaik.

Kata Kang Abay : Menjemput Jodoh Impian dengan 3M

Yang pertama Mengikhlaskan (100% Pekerjaan Hati), setiap orang memiliki masa lalu yang kurang baik bukan? Maka ikhlaskanlah, belajar memafkan, belajar menerima, dan banyak bertaubat. Jika sudah ikhlas maka Allah menggantikan dengan sesuatu yang lebih baik. Dan juga mengikhlaskan masa sepan, percaya kepad Allah, selalu berbaik sangka kepada-Nya.

Yang kedua Memantaskan, Fokus pantaskan diri artinya berusahalah untuk menaikkan kualitas diri, jadilah lebih baik setiap harinya dalam segala aspek : Spiritual, mental atau karakter, dan ekonomi. Fokus mengejar impian dan fokus membahagiakan orang tua.

Yang ketiga Mendapatkan, jika Allah sudah berkendak manusia tidak bisa menolak. Dan yakin bahwa ketentuan Allah adalah yang terbaik. Siapa pun jodoh yang diberikan oleh Allah itu adalah yang terbaik.

Dari mana datangnya jodoh? Berikut jawaban versi Kang Abay 
Teman sekolah/kuliah
Teman sekomunitas
Teman masa kecil atau tetangga
Dikenalkan oleh sahabat dekat atau sudara
Saudara jauh
Dijodohkan oleh orang tua/sahabat/saudara
Dijodohkan oleh guru ngaji
Kenal oleh sosial media*
Nyari di Google*
(yang diberi tanda bintang artinya lampu kuning alias hati-hati ya)

Boleh ditambahkan sendiri, kalau saya menambahkan ada juga yang hanya bertemu satu kali kemudian menikah seperti penulis terkenal Ippho Santosa, katanya sih Mas Ippho itu menikah dengan istrinya hanya bertemu satu kali jatuh hati pada pandangan pertama kemudian langsung lamaran deh. Allah memiliki cara masing-masing untuk mempertemukan dengan jodoh yang baik.

Mungkin cukup sekian yang bisa saya share ke sahabat tentang seminar Pra-Nikah kemarin. Sekali lagi saya mendo’akan bagi yang sudah siap menikah semoga disegerakan dan terus istiqomah memperbaiki diri. Bagi yang belum jangan pernah mengubah haluan untuk membangun ikatan yang tidak diridhai Allah dengan pacaran. Dalam bentuk apa pun, Allah maha tau, maha melihat sekalipun itu didalam hati (baca : Ada atau Tidak yang Melihat, Wajib Taat). Jadi tetap istiqomah ya.

Salam Perubahan.
Fastabiqul Khairat..

Bengkulu, 26 Maret 2016.

5 comments:

  1. Mengikhlaskan, Memantaskan, dan Mendapatkan.
    Mengikhlaskan masa lalu serta Memantaskan diri menjadi lebih baik, insyaAllah nanti juga akan Mendapatkan yang terbaik. Aamiin :)

    ReplyDelete
  2. Aamiin Allahummaamin. siip adek Alfha. Istiqomah dijalan-Nya.

    ReplyDelete
  3. seminarnya keren kayaknya
    pengen ikutan sebenarnya waktu itu tapi.. kan dah nikah wkakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget ummi. Ummi ubay gak perlu ikut lagi ini khusus utk jombloers bengkulu hihi

      Delete
    2. Keren banget ummi. Ummi ubay gak perlu ikut lagi ini khusus utk jombloers bengkulu hihi

      Delete

ditunggu kritik dan sarannya ya,