Rabu, 20 April 2016

[Self Reminder] Sehat itu Tak Ternilai. Yuk Jaga Kesehatan

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Haii Haloo.. apa kabar kalian? Semoga semakin sehat dan semangat ya.

Rindu ngeblog, karena udah lama banget gak update tulisan diblog lagi. Berasa separuh nafas hilang , hilang semangat, ngerasa rugi banyak moment yang gak sempat diabadikan kedalam blog ini, dan yang paling penting banyak waktu yang terbuang sia-sia untuk ngasih hal yang bermanfaat.

Sedikit curhat nih, karena banyak yang nanyain kenapa gak update tulisan lagi diblog. Iya bener blog ini sempat fakum beberapa minggu. Karena minggu kemarin tepat hari Minggu 8 April 2016 aku dirawat dirumah sakit Kota Bengkulu dengan diagnosa gejala DBD. Entah gimana ceritanya kok bisa dapat DBD, yang paling aku tau adalah fisik lelah yang sudah berlebihan. Akhirnya dirawat selama 3 hari. Dan setelah keluar dari Rumah Sakit, Semangat ngeblog jadi turun drastis, tubuh masih lemah, padahal ide dikepala sudah buanyak yang mau ditulis. Tapi banyak tulisan yang gagal ditulis  Yaa sudahlah. Aku sudah Move On. Dan dapat pelajaran yang berharga banget buat aku.

RS. Kota Bengkulu

Alhamdulillah, aku masih bersyukur dengan segala keadaan yang aku terima. Karena dengan hadirnya sakit aku bisa istirahat sejenak dari aktivitas bukan ? Allah gak pernah salah ngasih sesuatu, pasti ada tujuan dan tujuan itu adalah yang terbaik untuk kita. Suka dan duka semua wajib kita syukuri.

Ucapan terimakasih untuk Ayah dan Ibu yang selalu mendoakan dari kejauhan.  kakak ku Fifin yang sudah jadi perawat pribadi siang malam ngejagain, ngantar ke toilet berkali-kali (efek infuse), bantu gantiin baju, nyuapin makan minum semoga kakak selalu sehat dan bahagia, Ibu Rini (semoga Allah membalas kebaikan Ibu), Ayuk Luli, Gina, Sahabat di IMM ( Mahmud, Wawan, Kak Agung, Sulek, Bang Ade) yang sudah banyak bantu. Doa dan kunjungan dari Crew Jazirah, adek-adek di IMM, mbak-mbak ku (mbak Tia, mbak Ila, mbak Tina, Mbak Marfu’ah,), adek-adek Asrama Putri Aisiyah, Ibu Nur, Pak Grassi, Ayuk Yenni dan Tasya, Kak Ganang, Bapak/Ibu Dosen. Aku lupa siapa lagi pokoknya semuanya yang udah mendoa’akan yang gak bisa disebutin satu-satu semoga Allah membalas dengan surga-Nya.

Sekarang kita belajar dari pengalaman, ketika tubuh sehat sebaiknya dijaga sebaik mungkin. Sehat itu mahal, sehat itu tak ternilai harganya. Dan kita do’akan yang sedang sakit semoga diberikan kesembuhan serta diberikan kesabaran. Dan yang sehat harus menjaga kesehatannya. Sakit gak enak, makan jadi gak enak, tidur gak nyenyak, dan nyusahin orang lain.
Ini ada beberapa tips menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Jika sahabat masih punya silahkan ditambahkan ya.

     MAKAN MAKANAN YANG SEHAT DAN TERATUR
Kalo pilih makanan harus bener-bener teliti, terkadang kita cuek sama makanan yang masuk ke tubuh kita. Apa aja dimakan, jajanan yang gak sehat mengandung banyak pengawet dan bahan kimia lainnya itu berpengaruh banget sama kesehatan tubuh. Yang perlu hati-hati anak kost (kayak aku) jangan dibiasain buat makan jajanan yang sembarangan.  Lebih keren dan sehat makan masakan sendiri, usahakan makan sayur setaip hari. Terkadang yang lagi kuliah sering males masak apalagi yang banyak kegiatan, tapi apa salahnya dilatih dan dibiasakan. Lama-lama jadi kebiasaan yang otomatis (aku sudah mulai mask sendiri lagi loh) hehe meski hanya tumis kangkung atau ceplok telur yang penting sehat ya. Boleh jajan tapi sesekali aja. Misalnya makan bakso dua minggu sekali, siapa lagi yang bakal menjaga kita kalo bukan diri kita sendiri. Selain sehat ternyata juga hemat hhihi.

Eh iya pola makan, aku suka cuek sama pola makan. Sering nunda makan, kadang gak sarapan. Aduh gak mau lagi, lama-lama jadi kebiasaan buruk. Sekarang harus berubah dong ya, sarapan wajib setiap pagi dengan porsi minimal seperempat dari makan siang diganti sama roti juga boleh, terus makan siang porsinya agak banyak dan jangan kebanyakan ya,  boleh ngemil ringan yang sehat sambil nunggu buat makan malam. Setiap hari meski kayak gitu, kalo rasa malas dating inget aja pas sakit gak enaknya itu gimana.

2      BANYAK MINUM AIR PUTIH
Jangan males minum air alami ini ya, kalo minum air putih sudah aku lakukan sejak sekolah dasar karena sering ikut kegiatan disekolah jadi sering bawa minum dengan botol besar dari rumah. Air putih menjadi minuman favorit diantara minuman yang lain hehe. Selain itu anjuran untuk minum air putih lebih kurang 8 gelas sehari dari para ahli kesehatan sudah membumi banget kan. Karena tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan.

3      OLAHRAGA
Nah ini penting banget loh, olahraga minimal 1 minggu sekali. Bisa dilakukan dengan jogging atau punya hobi lain seperti : badminton, basket, sepeda, teenis, futsal dsb. Yang penting tubuh kita diberi kesempatan buat bergerak dengan hati dan pikiran yang bahagia. Karena kalo kita melakukan hobi tentu hati kita bahagia kan ya? Gak ada beban, sip mantap udah bahagia fisik menjadi sehat pula.

Aku suka olahraga apa ya? Sejak smp aku suka main basket sama volley tapi sekarang udah agak canggung kalo harus turun ke lapangan hehe. Jadi aku ganti sama jogging, yang pasti sekarang lagi komitmen sama lari-lari kecil selama 15 menit dan olah nafas. Alhamdulillah dampaknya dahsyat kalo dilakukan dengan rutin. Ets aku sering lari-lari kecil diatas loteng asrama pagi-pagi abis tadarus qur’an. Biasanya dijalan tapi manfaatin loteng asrama yang luas. Lumayan pagi-pagi bisa mandangin langit dengan bebas. Sejuuk :D

4      TIDUR LEBIH AWAL DAN BANGUN LEBIH CEPAT
Ada yang suka begadang ? begadang yang tiada artinya. Ngebuang waktu sama hal-hal yang gak bermanfaat bukan zamannya lagi. Kadang sedih kalo dengar pernyataan anak muda sekarang. Berubah itu nanti tunggu kalo udah tua. Aduh, iya kalo umur kita sampe tua. Lagian kalo kita berubah menjadi lebih baik efeknya juga untuk kita. Ayoo dong anak muda, kita sama-sama menuju perubahan dijalan kebaikan. Apa gak tergiur sama janji Allah, bahwa pemuda yang bertakwa akan mendapat naungan di hari kiamat nanti. Kalo udah bertakwa pasti urusan dunianya akan beres, yah salah satunya menjadi pemuda/i yang cerdas dunia akhirat. Gak bakal menyia-nyiakan waktu. Gini kalo banyak yang berubah pas tua ya wajar karena udah kepikiran sama akhirat, nah kalo anak muda yang masih segar bugar udah berubah menjadi lebih baik itu keren banget ya. Keren dunia akhirat.

Usahakan jangan tdiur terlalu malam ya, biar bangunnya bisa lebih awal. Dan bisa merasakan indahnya dunia ketika menjelang pagi. Selain menyehatkan banyak juga keistimewaannya.

 “Laksanakanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakanlah pula salat) subuh, sungguh salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)” (Q.S Al-Isra : 78 )

“dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu : mudah-mudahkan Tuhanmu mengangkatmu ke temapt yang terpuji” (Q.S Al-Isra : 79)

Rugi banget kan yang gak mau bangun pagi, yang lalu biarlah berlalu. Kalo dulu mungkin belum tau. Nah sekarang udah tau gimana dahsyatnya dan apa aja manfaatnya. Jadi yuk sama-sama berubah.

Kalo ada tambahan seputar tips menjaga kesehatan tubuh, silahkan ditambahkan atau tinggalin jejak kamu ya. Aku tunggu loh ! semoga kita selalu saling mengingatkan dalam kebaikan.

Salam BaPer (Bawa Perubahan)

Selasa, 13 Rajab 1437 H

4 komentar:

  1. Kesehatan memang hata yg plg berharga..
    Saya saja baru nyadar ini setelah kena kanker :D

    Salam kenal mbak

    BalasHapus
  2. terkadang kesadaran itu datang ketika sudah sakit. mulai jaga kesehatan dari sekarang ya.

    Salam kenal juga.

    BalasHapus
  3. Wah, tipsnya ngena banget tuh untk mahasiswa..Penyakit mahasiswa tuh..telat makan, tidur kurang, olah raga jarang..hehe
    nice tips

    BalasHapus
  4. waduh....mahasiswa sibuk satu iniiiiii....pernah sakit ternyata, semangat popi
    v(^0^)v

    BalasHapus

ditunggu kritik dan sarannya ya,

 

diarypopi.com Template by Ipietoon Cute Blog Design