Senin, 25 Desember 2017

TIPS BELANJA BULANAN GAK BIKIN KANTONG BOLONG

Segala sesuatu yang kita lakukan perlu perencanaan agar hasilnya tertatur dan tidak ada penyeselan setelahnya. Apalagi urusan belanja-belanja perlu perencanaaan yang matang agar tidak gagal fokus ketika berbelanja. Kadang kita membeli sesuatu bukan karena penting atau yang kita butuhkan tapi hanya keinginan. Apalagi kaum hawa nih, sering gagal fokus kalo belanja, kadang membeli sesuatu karena lucu ahaha dasar cewek. I think, kebiasaan itu gak bagus kan yak? Mungkin sudah saatnya kita belajar mengatur keuangan ketika belanja, sambil latihan mengatur keuangan untuk rumah tangga kelak *eyyaaa 


Jumat, 22 Desember 2017

Resolusi 2018 : Semakin Optimis Menjalani Status sebagai Anak Rantau

Apakah ada yang statusnya sama seperti saya ? anak rantau, pasti banyak kan ya? Biasanya kalo bahas soal status banyak yang baper hehe. No, dilarang baper baca tulisan ini karena saya mau berbagi tentang resolusi saya di tahun 2018.
popiangriani.blogspot.com

Seperti yang teman-teman tau dan rasakan jauh dari orang tua dan rumah adalah hal yang tidak begitu menyenangkan, bukan? Banyak hal yang bikin kita kangen akan suasana rumah, misalnya kangen masakan ibu, berantem sama adik (tapi gak pukul2’an ya), kumpul bareng keluarga sambil nonton tipi nyambi nyemil makanan, curhat ke ibu sebelum tidur, dan yang paling penting bisa makan enak. Haah kayaknya anak rantau gak pernah makan enak wkwk. Maksudnya masakan ibu itu tiada tandingannya, ya kan ? apalagi membendung rasa rindu itu sampe berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Uuuh gak kuat, saya paling lama gak pulang ke rumah maybe sekitar 10 bulan gak sampe satu tahun.

Minggu, 17 Desember 2017

Persalinan Maryam : Mengapa Takut untuk Melahirkan Normal ? Perempuan itu Istimewa !

Bagi saya perempuan adalah mahkluk spesial yang dihadirkan Allah ke dunia ini, banyak hal yang dimiliki oleh perempuan yang tidak dimiliki oleh lelaki. Salah satunya adalah mengandung (hamil) dan melahirkan, pada dasarnya lelaki dan perempuan memang saling melengkapi, tapi bagi saya perempuan memiliki keistimewaan tersendiri. Namun banyak juga perempuan yang tidak menyusukuri nikmat itu, misalnya mengubah diri menjadi seperti lelaki padahal bagaimana pun kita tidak bisa mengubah kodrat Allah, kalo udah ditakdirkan menjadi perempuan maka jadilah perempuan sesungguhnya. Ada juga yang tidak mau hamil karena takut dengan melahirkan.
Pake foto ini aja soalnya tadi lupa foto seminarnya :D

Selasa, 12 Desember 2017

Herbal Plants (Tanaman Herbal) di Omah Jamu Jeng Ratu Yogyakarta || KNOWLEDGE

Sesuai dengan janji saya beberapa hari yang lalu saya ingin berbagi sedikit informasi tentang tanaman herbal (herbal plants) yang saya temui di Omah Jamu Jeng Ratu di Yogyakarta, pengen tau keseruan saya kemarin baca atau klik disini ya. Ada banyak tumbuhan herbal yang ditanam disini, dan saya akan menjelaskan beberapa yang saya temui beserta khasiatnya. Kadang tumbuhan yang kita anggap liar ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa kita olah sendiri sebagai herbal medicine. Baiklah langsung aja ya kita mulai.
1.  Pegagan (Hydrocotyle asiatica L)
Mungkin banyak yang belum tau dengan tumbuhan ini, biasanya pegagan ini tumbuh liar dan  kadang saya sering lihat pegegan ini tumbuh di pekarangan rumah. Manfaatnya untuk nutrisi otak, konon katanya kalo sering makan pegagan menambah kecerdasan otak, hayoo loh. Tapi tetap harus belajar juga yak hehe. Khasiat yang lain sebagai penenang ringan, asma, batu ginjal, keputihan , menambah nafsu makan, dan wasir.


Hydrocotyle asiatica L

Senin, 04 Desember 2017

OMAH JAMU JENG RATU YOGYAKARTA || MY STORY

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman  hayati yang banyak, apalagi tumbuhan herbal banyak sekali kita temukan di sekeliling kita. Memang benar bahwa segala sesuatu yang Allah ciptakan pasti memiliki  tujuan dan manfaat, salah satunya memanfaatkan tumbuhan herbal untuk diolah menjadi jamu. Namun tidak semua orang tau bahwa ada banyak tumbuhan yang dapat diracik menjadi jamu untuk menyehatkan tubuh. Sabtu kemarin (2/12/17)  saya dan teman-teman satu angkatan di kuliah pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta berkunjung ke salah satu rumah pengolahan jamu, tempat ini bernama “Omah Jamu Jeng Ratu Indonesia” yang terletak di Sardonoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Pintu Masuk Omah Jamu

Rabu, 15 November 2017

Keinginan dan Kebutuhan




Sumber Foto : Google.com
Saya tau setiap manusia pasti selalu menginginkan kebahagiaan di dunia ini, menjadi orang terpandang, punya banyak uang, semua serba ada, dan kenikmatan duniawi lainnya. Terkadang kita sangat susah untuk memebedakan mana kebutuhan dan keinginan. Ragam manusia pun juga banyak di dunia ini, ada yang banyak harta namun tetap bersahaja, tetap rendah hati, suka menolong orang lain, bahkan memberikan separuh hartanya untuk saling membantu. Namun sering juga kita temukan orang yang tak memiliki apa-apa hanya sekedar bisa hidup, untuk makan besok harus bekerja keras hari ini namun memiliki sikap yang selalu mengikuti nafsu duniawi. Tak jarang hal seperti sering saya temui di kehidupan anak muda saat ini *kids jaman now katanya, yang seharusnya jiwanya dipenuhi semangat untuk menimba ilmu, terkadang jauh dari orang tua membuat mereka salah mengambil keputusan. Memang hak setiap orang untuk melakukan apa saja, namun melihat kondisi seperti ini saya jadi tertampar untuk sering-sering mengingatkan diri sendiri, memantau adik saya, sepupu-sepupu saya, keluaraga saya agar  tidak terjerumus ke sikap terlalu mengikuti trend duniawai yang terkadang menghalalkan segala cara.

Jumat, 25 Agustus 2017

Perempuan Wajib Nonton Film "Nyai Ahmad Dahlan"

24 Agustus 2017 kemarin film “Nyai Ahmad Dahlan” tayang di seluruh bioskop tanah air. Saya mengetahui film ini sudah sejak lama beberapa bulan sebelum film ini ditayangkan saya sudah upload trailernya di akun instagram saya (yuk follow @popiangriani) *promosi :P, karena saya selalu mengikuti medsosnya keluarga Muhammadiyah. Informasi tentang film ini pun semakin mendekati hari tayang semakin menggema terkhusus di kalangan Muhammadiyah, namun saya yakin seluruh warga Indonesia pasti mengetahui tayangnya film ini. Hanya saja tidak meng-share film ini ke akun media sosialnya misalnya.
foto apa adanya :D

Minggu, 23 April 2017

Seblak Jajanan Khas Bandung

 Apa kabar sahabat? Semoga selalu semangat yah ! kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang sebuah makanan yang bagi saya lumayan unik hehe. Mungkin karena saya baru mengenalnya (jiaah). Namanya Seblak, yes S-E-B-L-A-K. nah saya akan sedikit berbagi pengalaman jajan seblak selama di pulau Jawa. Soalnya selama saya tinggal di pulau Sumatera belum pernah ketemu Seblak. Kabarnya sekarang di Kota Bengkulu sedang  booming loh sama Seblak.

Seblak Cinta Sayur :D

Jumat, 31 Maret 2017

Belajar dari Batu dan Tetesan Air.


Sumber Foto : Google.com
Setiap orang memiliki suasana kehidupan yang berbeda, ada banyak perbedaan antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Jangankan dengan orang lain dengan saudara kandung sendiri saja pasti memiliki perbedaan. Entah itu perbedaan fisik atau dalam bidang keahlian. Namun yakinlah Allah menciptakan setiap perbedaan karena setiap orang juga memiliki kelebihan masing-masing. Hadirnya kekurangan adalah menjadi pelengkap satu sama lain.

Selasa, 14 Maret 2017

" Selembar Memo untuk Umat dan Rekam Jejak Rekonsiliasi Dunia"

Oleh : Salman Alfarisi special for Milad IMM ke 53

Kita adalah manusia berpikir (human rational) seperti apa yang dikemukakan oleh freud, pakar psikologi mengenai kepribadian manusia serta fungsi IQ, SQ, EQ sebagai ujung tombak dalam menganalisis perbedaan dan ketimpangan sosial yang belakangan mendistorsi norma dan kearifan masyarakat luas, pun kemudian tak pelak ikut memicu perseteruan antar golongan, suku, ras, agama ! Permasalahan dan solusi telah dimuat diberbagai tempat, media, lembaga (dari internasional, nasional hingga regional).

Senin, 13 Februari 2017

Untukmu penyejuk jiwa bunda.


Maafkan aku jika hingga saat ini aku belum bisa membuatmu bahagia, belum bisa mewujudkan semua keinginanmu. Hanya bisa menasehati dan berbicara apa yang terbaik untukmu. Kau sangat berharga bagi kami, kehadiranmu didunia ini memberikan warna baru untuk kami. Yang tadi ruangan itu sepi, dengan hadirnya dirimu, rumah terasa lebih indah dan berwarna.

Minggu, 22 Januari 2017

Pengalaman Seru di Gunung Bromo, Jawa Timur, Indonesia.


Savana

Pasir Bebisik


Kawah Bromo

Gunung Bromo sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia bukan ? Gunung yang terkenal dengan gunung berapi yang aktif ini terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 m dpl yang berada dalam empat wilayah, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumjang,dan Kabupaten Malang (Wikipedia).
 

diarypopi.com Template by Ipietoon Cute Blog Design