Minggu, 23 April 2017

Seblak Jajanan Khas Bandung

 Apa kabar sahabat? Semoga selalu semangat yah ! kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang sebuah makanan yang bagi saya lumayan unik hehe. Mungkin karena saya baru mengenalnya (jiaah). Namanya Seblak, yes S-E-B-L-A-K. nah saya akan sedikit berbagi pengalaman jajan seblak selama di pulau Jawa. Soalnya selama saya tinggal di pulau Sumatera belum pernah ketemu Seblak. Kabarnya sekarang di Kota Bengkulu sedang  booming loh sama Seblak.

Seblak Cinta Sayur :D
Apa Seblak itu ?
Jadi Seblak itu adalah salah satu makanan khas Kota Bandung yang menjadi jajanan baik di Kota Bandung atau di Jabodetabek. Di Cianjur bagian selatan seblak ini sudah ada sebelum zaman kemerdekaan loh ! makanan alternativ masyarakat kecil sebagai pengganti jajanan. Pertama kali makan seblak saya sempat tepuk jidat wkwk, alamaak ini kerupuk kok dibasahin bukannya digoreng haha. Karena penasaran terus nyobain seblak sayur dan ternyata rasanya enak. Pedas-pedas seger gituuu. Kebetulan saya memang kurang suka makanan yang digoreng-goreng jadi pas deh ketemu Seblak bahan utamanya kerupuk yang gak harus digoreng. Semakin lama semakin jatuh cinta sama Seblak, saya selalu mencari penjual Seblak dimanapun saya berada. Nyobain berbagai variasi yang sudah disuguhkan oleh si penjual.

Varian Seblak
Awalnya Seblak hanya dibuat original menggunakan kerupuk udang yang disiram air panas kemudian diracik dengan bumbu-bumbu dan ditambahkan sayur. Sekarang seblak memiliki varian rasa, seperti seblak telur, seblak sosis, seblak ceker, seblak ampela ati, dsb. Hampir semua varian seblak sudah saya cobain, tapi mungkin masih ada varian lain yah, ini yang pernah saya temukan aja :D kayak seblak rasa dulu yang pernah ada saya belum pernah coba wkwk

Bahan untuk Masak Seblak
Tentu saja bahan utamanya adalah kerupuk udang atau kerupuk ikan, lalu disiram air panas atau direndam dengan air selama 15-30 menit. Kemudian siapkan bumbu-bumbunya, yang pernah aku baca bumbunya ada bawang putih, bawang merah, cabai, dan kencur, semua bumbu dihaluskan kemudian dimasak deh seperti biasa. Saya belum pernah praktek sih tapi udah kebayang kalo bikin Seblak gak susah-susah banget, tinggal kita yang berkreasi pengen bikin seblak apa, suka-suka kita lah ya wong kita yang masak haha. Sahabat bisa buka yutub resep bikin Seblak yang bersliweran banyak bangeeeet.
Sekian cerita yang bisa saya bagi kali ini, siapa tau teman-teman  berminat untuk masak seblak atau bahkan buka warung seblak hehe. Yang sudah sering nyobain seblak share kesini dong ceritanya :D

Salam,

Yogyakarta 23 April 2107

0 komentar:

Posting Komentar

ditunggu kritik dan sarannya ya,

 

diarypopi.com Template by Ipietoon Cute Blog Design