Selasa, 12 Desember 2017

Herbal Plants (Tanaman Herbal) di Omah Jamu Jeng Ratu Yogyakarta || KNOWLEDGE

Sesuai dengan janji saya beberapa hari yang lalu saya ingin berbagi sedikit informasi tentang tanaman herbal (herbal plants) yang saya temui di Omah Jamu Jeng Ratu di Yogyakarta, pengen tau keseruan saya kemarin baca atau klik disini ya. Ada banyak tumbuhan herbal yang ditanam disini, dan saya akan menjelaskan beberapa yang saya temui beserta khasiatnya. Kadang tumbuhan yang kita anggap liar ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa kita olah sendiri sebagai herbal medicine. Baiklah langsung aja ya kita mulai.
1.  Pegagan (Hydrocotyle asiatica L)
Mungkin banyak yang belum tau dengan tumbuhan ini, biasanya pegagan ini tumbuh liar dan  kadang saya sering lihat pegegan ini tumbuh di pekarangan rumah. Manfaatnya untuk nutrisi otak, konon katanya kalo sering makan pegagan menambah kecerdasan otak, hayoo loh. Tapi tetap harus belajar juga yak hehe. Khasiat yang lain sebagai penenang ringan, asma, batu ginjal, keputihan , menambah nafsu makan, dan wasir.


Hydrocotyle asiatica L
2.  Bunga Mawar (Rosa L)
Selain sebagai tanaman hias yang cantik, bunga mawar memiliki banyak khasiat juga loh. Seperti untuk menghilangkan jerawat dari air bunga nawar alami yang mengandung banyak antioksidan dan mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, untuk perawatan kulit, kesehatan rambut, kesehatan mata, kesehatan miss V, mengatasi bengkak pada kaki, serta buah dari biji bunga mawar dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol pada tubuh manusia.
 
Rosa L
3.  Parijoto (Medinella sepciosa L)
Mungkin banyak yang asing dengan nama tumbuhan ini, termasuk saya hehe. Pertama kali mendengar nama parijoto semenjak kuliah di jogja *kudet yak, (biarin huhu). khasiat dari parijoto yaitu untuk penyubur kandungan, obat sariawan, obat diare, dan obat kolesterol.
 
Medinella sepciosa L
4. 
Daun Stevia (Stevia rebaudiana)
Ada yang pernah makan daun stevia mentah ? aaakh saya pernah, pas di Omah Jamu saya kebagian nyicip daun stevia dan rasanya manissss banget melebihi gula sih kalo menurut ku. Kata ibu Ratu daun stevia ini bisa dijadikan sebagai pengganti gula, apalagi untuk pengidap penyakit diabetes yang gak bisa makan gula bisa diganti dengan daun stevia ini. Sekarang juga sudah ada yang jual gula dari daun stevia ini. Kalo ketemu daun ini cobain aja, manis melebihi aku eh gula maksudnya :D
 
Stevia rebaudiana
5. Daun Mint (Mentha pipereta L)
Nah daun mint ini sering digunakan untuk aroma masakan, pengobatan, dan juga kosmetik. Kandungan antioksidan pada daun mint sangat baik serta beberapa vitamin yang terkandung didalamnya vitamin C, A, D, dan E. kemarin saya juga menggunakan daun mint salah satu bahan membuat jamu di Omah Jamu.
 
Mentha pipereta L
6. 
Sambung Nyawa (Gynura procumbens)
Jujur saya baru pertama kali mendengar nama tumbuhan ini, haa berasa semakin bodoh banyak yang belum taunya. Sejatinya memang benar sih semakin kita belajar ilmu pengentahuan maka akan merasa bodoh, menyadari kalo banyak yang belum taunya. Nah tumbuhan sambung nyawa ini digunakan dalam upaya penyembuhan penyakit ginjal, disentri, radang tenggorokkan, digunakan juga dalam upaya mengehentikan pendarahan, mengatasi tidak datang bulan (menstruasi), dan gigitan binatang yang berbisa.
 
Gynura procumbens
7.   Bawang Dayak (Eleutherine bulbosa)
Bawang dayak? Kayak nama salah satu suku di Indonesia ya, bawang Dayak berasal dari Kalimantan. Bentuknya mirip banget dengan bwang merah. Khasiat bawang dayak ini beerdasarkan penelitian dari IPB secara spesifik dapat mengatas 23 jenis penyakit ringan dan berat. Seperti penyakit seperti kanker, diabetes, jantung, hipertensi, hepatitis, TBC, bronkitis, sinusitis, radang, asam urat, rematik, infeksi, gondok, pencernaan, ambeien, nyeri haid, bisul, kewanitaan, dan peningkat gairah seksual.
 
Eleutherine bulbosa
8. Tapak Dara (Catharanthus roseus)
Wah saya sering sekali menemukan tumbuhan ini, ternyata namanya tapak dara kalo di Jawa. Setiap daerah memang beda-beda namanya. Aku lupa sih ya kalo di daerah ku, kalo didaerah kamu apa ? tapak dara memiliki manfaat untuk pengobatan leukemia. Menurut para dokter penyakit leukia belum ditemukan obatnya sampai saat ini, nah tumbuhan ini bisa dijadikan upaya untuk pengobatan penyakit tersebut.
Catharanthus roseus
Baiklah, sekian yang dapat saya bagi tentang tanaman herbal (herbal plants) yang saya temui di Omah Jamu beberapa hari yang lalu. Tumbuhan yang saya sebutkan diatas merupakan tumbuhan yang jarang diketahui manfaatnya oleh kebanyakan orang termasuk saya. Biasanya kan tanaman bumbu dapur yang banyak dijadikan untuk pengobatan alami yang biasa kita sebut dengan obat tradisional (herbal medicine). Ya seperti kunyit, jahe, sere, dan teman-temannya. Semoga bermanfaat ya, sekalian belajar biologi dengan membaca nama-nama tumbuhan tersebut dalam bahasa latin hihi. See you..
 
Yogyakarta, 12 Desember 2017// 24 Rabiul Awal 1439 H

1 komentar:

  1. Baru tau bunga mawar bisa jadi obat jerawat, biasanya di pake cuma untuk di kasih ke ladies doank :D hahaaaaaaaa

    BalasHapus

ditunggu kritik dan sarannya ya,

 

diarypopi.com Template by Ipietoon Cute Blog Design