Senin, 04 Desember 2017

OMAH JAMU JENG RATU YOGYAKARTA || MY STORY

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman  hayati yang banyak, apalagi tumbuhan herbal banyak sekali kita temukan di sekeliling kita. Memang benar bahwa segala sesuatu yang Allah ciptakan pasti memiliki  tujuan dan manfaat, salah satunya memanfaatkan tumbuhan herbal untuk diolah menjadi jamu. Namun tidak semua orang tau bahwa ada banyak tumbuhan yang dapat diracik menjadi jamu untuk menyehatkan tubuh. Sabtu kemarin (2/12/17)  saya dan teman-teman satu angkatan di kuliah pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta berkunjung ke salah satu rumah pengolahan jamu, tempat ini bernama “Omah Jamu Jeng Ratu Indonesia” yang terletak di Sardonoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Pintu Masuk Omah Jamu
Pertama kali datang kami disuguhkan dengan pemandangan persawahan yang masih menghijau, sejuk, dan asri. Rumah jamu ini tidak terlalu besar namun penataan ruang dan dekorasi omah jamu yang bernuansa natural menjadikan ciri khasnya. Sebelum masuk ke omah jamu saya dan teman-teman disuguhkan dengan segelas mini air jamu yang terasa hambar, saya nggak sempat nanya itu jamu apa soalnya mata saya keburu ngantuk efek antimo karena sebelum berangkat saya minum antimo padahal perjalanan kesana hanya sekitar 30 menit dari kota Yogyakarta, biasa suka mabok duluan sebelum jalan (cemen) wkwk. Dalam kondisi mata yang berat tapi tetap pengen menikmati jamu plus potongan jagung dan ubi rebus. Alami banget, makanan bebas micin hehe.

Cemilan Sehat Omah Jamu

Di ruang pertama omah jamu saya menjumpai banyak bungkusan-bungkusan jamu yang tertata rapi, juga sejenis oleh-oleh lain yang berupa mug dan anyaman rotan. Setelah itu masuk ke ruang selanjutnya adalah ruang kumpul bagi tamu yang ingin belajar, yah kayak semacam aulanya kali yah tapi nggak terlalu besar duduknya dempet-dempetan gitu karena kami rombongan sekitar 50 orang jadi agak desak-desak’an gitu. Disini kami diberikan pengarahan oleh ownernya Ibu Ratu yang menjelaskan banyak tentang Omah Jamu ini. Omah Jamu sudah memiliki banyak cabang salah satunya di Jogja ini. 
Ruang Sovenir dan Oleh-Oleh
Ibu Ratu juga mengajak kami mengelilingi kebun tanaman herbal yang ada disamping aula Omah Jamu , tapi karena tempatnya nggak terlalu luas dan orangnya banyak jadi saya sedikit kesusahan mengambil informasi yang dijelaskan ibu Ratu, saya hanya mengandalkan video handphone saya, karena kalo mau nyatet gak bisa dan riweuh. So, saya saranin buat kamu yang mau main kesini mending bawa camera yang punya memory gede biar kamu bisa rekam semua kegiatan yang bermanfaat disini. Jadi nanti pas dirumah kamu bisa nonton ulang dan nulis.

Ada banyak tanaman herbal yang ditanam di Omah Jamu ini, ada beberapa yang saya dapatkan yaitu :  Pegagan, sirih Ayu, Mawar, Parijoto, Daun Stevia, Cabe Jawa, Sambung Nyawa, Daun Mint, Kayu Putih, Bawang Dayak,Tapak Darah, Sere, dll.

Di postingan berikutnya saya akan jelaskan beberapa tanaman herbal yang saya jumpai di Omah Jamu beserta manfaatnya. So, keep stay tune yak haha.  Oh iya saya lupa uang masuk ke Omah Jamu ini 95.000 include makan siang, cemilan ubi dan jagung rebus, serta meracik jamu sendiri yang dipandu oleh bu Ratu. Mungkin kalo hanya sekedar berkunjung untuk menyicipi jamu bayarnya gak sebesar itu. Menu makan siangnya juga sehat banget, bebas MSG jadi makan siang sabtu kemarin terhindar dari micin-micin itu hehe. Memang rasanya agak beda, karena sudah terbiasa makan masakan yang pake penyedap kali yah jadi agak aneh gitu. Menu makan siangnya sayur sop non MSG, sayap ayam goreng, tahu goreng, dan sambel kecap mirip sambel rujak gitu.

Masakan Bebas Msg

Jamu Racikan Sendiri
Baiklah, buat kamu yang mau berkunjung kesini jangan melewatkan untuk mengelilingi kebun tanaman herbalnya yah. Siapa tau ada tumbuhan yang kita anggap gak bermnfaat dan liar ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Satu lagi niatkan kesini buat belajar karena Allah. Semoga dimudahkan. Maaf kalo tulisan ini belum sempurna ambil baiknya aja ya. See you..
 
Superteam

Salam,
Yogyakarta 4 Desember 2017//16 Rabiul Awal 1439.

3 komentar:

  1. sippp, "omah jamu jeng ratu" dimasukin ke list kunnjungan :D

    BalasHapus
  2. Iya kak wajib kesini klo main ke jogja. :D

    BalasHapus
  3. Iya kak wajib kesini klo main ke jogja. :D

    BalasHapus

ditunggu kritik dan sarannya ya,

 

diarypopi.com Template by Ipietoon Cute Blog Design