Monday, December 25, 2017

TIPS BELANJA BULANAN GAK BIKIN KANTONG BOLONG

Segala sesuatu yang kita lakukan perlu perencanaan agar hasilnya tertatur dan tidak ada penyeselan setelahnya. Apalagi urusan belanja-belanja perlu perencanaaan yang matang agar tidak gagal fokus ketika berbelanja. Kadang kita membeli sesuatu bukan karena penting atau yang kita butuhkan tapi hanya keinginan. Apalagi kaum hawa nih, sering gagal fokus kalo belanja, kadang membeli sesuatu karena lucu ahaha dasar cewek. I think, kebiasaan itu gak bagus kan yak? Mungkin sudah saatnya kita belajar mengatur keuangan ketika belanja, sambil latihan mengatur keuangan untuk rumah tangga kelak *eyyaaa 


Mencatat Daftar Belanjaan
Sebelum berbelanja bulanan baik untuk anak kos atau ibu-ibu muda seindonesia raya, perlu banget bikin catatan apa saja yang perlu dan penting untuk dibeli. Teman-teman bisa cek dan ricek kebutuhan-kebutuhan pokok yang sudah  habis.

Misalnya nge-cek peralatan mandi : sabun, shampoo, pasta gigi, lulur, facial foam, ini itu ya pokoknya keperluan untuk mandi. Terus nge-cek kebutuhan dapur, biasanya kalo dirumah ibu hafal banget apa aja yang udah habis, iyalah ya karena setiap hari ibu memasak di dapur. Coba tanya bapak, mana tau ? huhuh, harusnya lelaki juga harus memperhatikan hal ini ya, biar sama-sama tau dan transparan wkwk. Tapi ada juga kok bapak-bapak yang peduli urusan dapur.

Membeli yang Prioritas
Jangan gagal fokus kalo udah di tempat belanja yak, godaan pasti banyak. Apalagi kalo ada diskon-diskon yang bertebaran dimana-mana. Ingat tujuan kita untuk belanja bulanan, bukan untuk berburu diskon. Kalo mau hunting diskon bikin agenda baru dong hehehe.

Beli hal yang memang prioritas. Misalnya kamu gak akan bisa nyuci baju kalo gak beli detergen, so kamu harus cepat-cepat menuju ke lokasi detergen. Jangan malah pergi ke tempat piring-piring cantik. Nah loh, pengalaman saya tuh hehe.

Ajak Temen yang Suka Mengingatkan
Nah temen yang suka ngingetin ketika kita dalam kesesatan dalam perbelanjaan ini penting banget. Saya pernah niatnya cuma pengen nemenin temen beli sesuatu, eh saya malah lihat-lihat ke sepatu. Dan akhirnyaaa, beli ! jangan ditiru ya (contoh yang gak bagus).

Dan beruntungnya sekarang saya selalu diingetin teman biar gak salah fokus. Kalo saya sudah melirik-lirik diluar jalur dia pasti bilang “ hayooo tujuannya apa, fokus.. fokus” jadi menurut saya temen yang bisa mengingatkan kita agar gak salah fokus ketika belanja itu penting banget. Apalagi selalu mengingatkan dalam kebaikan, karena kita perlu orang yang selalu mengingatkan, bukan ?

Pilih Tempat Belanja yang Murah
Yay, dari dulu saya suka banget survey tempat-tempat belanja yang murah tapi kualitasnya tetap oke, nanya ke teman-teman, nanya ke mbah google, atau langsung datang ke lokasi. Biasanya kalo udah nemu tempat yang pas di hati bakal susah beralih ke lain hati hihi.

Ini penting juga loh, adanya perbedaan harga dari tempat satu ke tempat yang lain membuat kita galau. Apalagi perempuan beda gopek (lima ratus rupiah) aja kadang kepikiran, ya kan ? jangan salah loh bedanya sedikit kalo belanja banyak bisa jadi bukit juga hehe (perhitungan banget yak).

Bukan perhitungan, ini salah satu usaha untuk mengelola keuangan, bisa aja sisa uang belanja yang kita punya bisa kita sedekahkan, karena sedekah juga harus diagendakan ya teman-teman, nanti kita bakal tau gimana dahsyatnya kekuatan sedekah insyaAllah (the power of sedekah).

Okay, sekian tips dari saya tentang belanja bulanan agar gak bikin kantong bolong, karena setiap dari kita perlu merencanakan segala hal sebelum dieksekusi. Saya juga masih belajar untuk menjadi lebih baik dalam segala hal. Yukk berusaha bareng-bareng. Jika ada yang ingin menambahkan tipsnya, silahkan ! sangat saya tunggu. Semoga bermanfaat ya.. see you..

Salam,
Yogyakarta, 25 Desember 2017// 7 Rabiul Akhir 1439 M



No comments:

Post a Comment

ditunggu kritik dan sarannya ya,