Monday, January 8, 2018

Mengenal Jogja Lebih Dekat Melalui Tamansari

Kalau main ke Jogja jangan sampai  nggak mampir ke tempat ini ya, salah satu tempat untuk  mengenang masa lalu *eyyaa jangan baper. Maksudnya di tempat ini selain bisa foto-foto, kita juga bisa belajar sedikit tentang sejarah kota Jogja. Yaa, anggap aja refresing sekalian menambah wawasan yak hehe.
Situs Tamansari

Tamansari merupakan salah satu bangunan bersejarah Keraton Yogyakarta, yang memiliki arti “Taman yang Indah”. Didirikan oleh Sultan Hamengku Buwana I pada tahun 1684 (tahun Jawa) atau 1758 M. Taman sari ini menjadi tempat rekreasi dan kolam pemandian bagi sultan di Yogyakarta dan keluarganya pada zaman itu.

Uhmmmm, pertama kali saya dengar nama Tamansari, pikiran saya sudah berimajinasi ke kebun buah-buahan haha, yaah you know lah biasanya yang ada sari-sarinya itu bagian dari buah-buahan dan bunga-bunga hehe.

Oke lupakan, lanjut ya, fungsi Tamansari ini sebagai tempat pertahanan dan perlindungan untuk raja atau sultan dan keluarganya hal ini terlihat pada bangunannya dikelilingi oleh benteng-benteng yang tinggi, bangunannya juga difungsikan untuk aktivitas religi dan meditasi, sebagai tempat pesiar atau rekreasi dibuktikan dengan adanya beberapa fasilitas seperti umbul (sumber air), pasiramanan (pemandian), kolam, segaran, dan pertamanan.

Nah bagi kids zaman now, berkunjung ke Tamansari harus diabadikan dong dengan foto-foto kece ala instagramable kan ya, termasuk saya juga hehe. 

Oh iya biaya masuk ke Tamansari untuk wisatawan domestik (lokal) hanya 5K per-orang kalau bawa kamera bayar 3K lagi, lumayan murah kan ! Nah berikut ini saya rangkum beberapa bangunan di Tamansari yang sering dikunjungi wisatawan baik domestik maupun wisatawan asing mengambil spot foto kece mereka.

Gedong Gapura Hageng
Gapura ini menghubungkan antara halaman segi delapan pertama dengan halapan segi delapan kedua. Merupakan pintu gerbang utama taman raja-raja pada zamannya.
Banyak Orang :D
Pasiraman Umbul Binangun
Merupkan kompleks yang terdapat tiga kolam, kolam pemandian didaerah ini dibagi menjadi tiga bagian sesuai dengan fungsinya masing-masing, ada kolam untuk putra-putri raja, kolam untuk para selir, dan kolam untuk raja. Kolamnya bagus banget, tapi jangan berenang disana ya, bakal dimarahin sama petugasnya hehe. Tetap patuhi tata tertibnya ya, dan jaga kebersihan lingkungan juga.
Pasiraman Umbul Binangun
Gedong Gapura Panggung
Bangunan ini melambangkan tahun dibangunnya Tamansari yaitu tahun 1684 Jawa (kira-kira 1758 Masehi), merupakan pintu masuk utama bagi wisatawan untuk memasuki situs pesanggrahan (rumah peristirahatan, biasanya milik pemerintah) Tamansari.
Gedong Gapura Panggung
Sumur Gumuling
Nah saya perhatikan di setiap akun instagram dolan (jalan2) Jogja spot ini selalu menjadi primadona, mungkin karena tempatnya yang unik kali ya, yang nggak pernah kita temuin sebelumnya. Ehmmm, foto disini harus ngantri loh, kadang hasilnya juga kurang memuaskan soalnya banyak orang-orang yang masuk di jepretan foto kita. Bisa jadi pula ada saya di jepretan foto orang lain haha
ini jepretan saya sambil antri foto haha

gini kalo lagi sepi. pic by google
Saran aja sih, kalo mau ke Tamansari jangan pas weekend atau hari libur, rameee, bukan nggak mau rame ya, tapi demi mendapatkan foto yang bagus wkwk.

Dahulu bangunan ini sebagai tempat ibadah atau kepentingan religius, hal ini ditunjukkan dengan adanya semacam Mihrab atau tempat pengimaman. Bagunan sumur gumuling berbentuk bulat atau lingkaran yang berlantai dua.

Pulo Kenanga
Pulo kenanga ini merupakan bangunan yang paling tinggi dibandingkan dengan bangunan sekitarnya, bangunan ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan dan beberapa kegiatan seni. Nama “kenanga” terkait dengan keberadaan tanaman bunga kenanga yang berada disekitar halaman bangunan ini.
Spot foto hits-nya
  
yang dibelakang, bangunan gedungnya.
Kamu juga bisa ketemu bule-bule sekalian mengasah kemampuan bahasa inggris kamu, kalo saya cuma bisa yes no yes no doang haha.

Selain lokasi-lokasi diatas masih banyak lagi tempat yang bisa kita kunjungi di kompleks Tamansari, tempat-tempat yang saya sebutkan diatas tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, mungkin kalau kalian kesini bisa menemukan spot foto baru yang lebih oke dan bisa share ke yang lain hehe.

Oh iya terimakasih buat teman-teman yang udah ngajakin aku kesini, mbak Frida (kerudung merah) yang sudah jadi guide nunjukkin lokasi-lokasi yang oke. mbak Liandra (kerudung kuning) sudah menjadi fotographer andalan, Desi (kerudung motif warna abu-abu) yang nggak pernah lelah buat diajakin keliling dan foto haha, and last mbak Bule yang ngga tau namanya *lupa kenalan ;( thank you so much for wanting a photo with us.

Salam,
Yogyakarta, 9 Januari 2019//22 Rabiul Akhir 1439 M



8 comments:

  1. Gimana bisa itu tanggal 9 Januari 2019, hihihi.

    Btw. Foto nya bagus banget

    ReplyDelete
  2. Sumur gumuling antep banget, so cool..

    ReplyDelete
  3. Ah, baper ah. Belum pernah ke sana soalnya :(

    Mau foto di kolam juga, biar dapat foto ketche untuk sosmed hehe

    ReplyDelete
  4. Wah mantap tempat jalan-jalannya...pengen dong ksana.he

    ReplyDelete
  5. Tempat ini keren banget, pas saya ke sana hujan deras banget... rada-rada susah ngambil foto, tapi ada juga sih beberapa foto yang bagus... baca tulisan kak Popi, saya pingin balik ke sana lagi .. hehe

    ReplyDelete
  6. Dulu waktu naek merapi sempat jg main kesini tapi sayang foto2 nya ilang wkwk, lain waktu smg bisa kesini lagi

    ReplyDelete

ditunggu kritik dan sarannya ya,