Minggu, 25 Februari 2018

Ke Sun-Mor Yuk !

Haloo semuanya, semoga selalu semangat yah ! kali ini saya ingin menulis tentang SUNMOR di Jogja, sudah tau belum apa itu sunmor ? yang tinggal di Joga dan sekitarnya pasti tau lah ya. Hmmm, I think di beberapa daerah sudah ada sunmor mungkin beda nama atau sebutannya aja. So, sunmor ki piye kak? Haha. Yukk… kita bahas..

Foto : Hariyanto Surbakti
Nah sunmor itu singkatan dari Sunday Morning a.k.a Minggu Pagi a.k.a Pasar Minggu Pagi di Jogja, dulu saya pikir tulisannya beneran ‘Sanmor’ haha soalnya belum tau artinya. jadi setiap hari minggu ada sejenis pasar murah atau bazar gitu. Semuanya ada di sunmor, mulai dari kuliner, aksesoris, perabot, baju, perlengkapan kamar tidur, semuanya deh apa yang kamu cari pasti ada di sini, hmmm kalo jodoh ada gak ya wkwk

LOKASI SUNMOR
Sunmor di jogja berlokasi dikawasan sepanjang UGM-UNY, sunmor biasanya dimulai dari jam 06.00 Wib s/d 13.00 Wib. Lumayan panjang waktunya tapi kadang nggak cukup buat keliling ke semua stand-stand penjual karena yang jualan banyak banget jadi jalurnya panjang, saya nggak pernah kuat kalo harus keliling dari awal sampai ke ujung stand pedagang. Capekkkk kakak..
Foto : Hariyanto Surbakti
Oh ya saran saya kalo mau ke sunmor mending pagi-pagi ya jam enam-an biar nggak kepanasan dan belum terlalu rame, kalo sudah agak siang pengunjung semakin banyak.

ADA APA AJA DI SUNMOR ?
Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, semuanya ada disini, barang-barang dikos saya sebagian besar dari sunmor haha. Yang paling banyak dijual di sunmor itu seperti : kerudung/jilbab, baju muslimah, kaos, sprei, sarung bantal dan teman-temannya, pakaian anak-anak, aksesoris handphone, aksesoris cewek, makanan juga banyak jadi bisa kulineran.

HARGANYA
Menurut saya harga barang-barang yang ada di sunmor cukup terjangkau, bisa jadi karena faktor kompetisi dengan pedagang lain yang menjual barang yang sama dan faktor agar cepat laris-manis supaya perputaran modal lebih cepat. Kadang penjual memberikan diskon ketika di sunmor saja, misalnya kalo kita mau beli di toko harganya sudah beda dengan di sunmor.

SIAPA AJA PENGUJUNG SUNMOR
Wah pasti sudah bisa ditebak kan ya, kebanyakan yang datang ke sunmor itu mahasiswa/i. karena memang Jogja didominasi oleh pelajar dan mahasiswa. Apalagi sunmor sangat membantu anak-anak kos like me haha yang harus pinter mengolah uang jajan. Ada juga wisatawan dari luar yang mampir untuk beli oleh-oleh di sunmor.

Pribadi
Yang jualan juga banyak mahasiswa, saya salut dengan orang-orang disini, mereka kreatif dan berani untuk memulai berbisnis. Banyak hasil-hasil karya mereka yang mereka jual di sunmor. Seperti rajutan, lukisan, kadang membuat tas yang bisa dilukis wajah kita sesuai pesanan *keren pokoknya.

Menurut saya dengan adanya sunmor membantu para pedagang dan pembisnis muda mengawali karir mereka dengan memperkenalkan produk mereka di sunmor, menjadi wadah bagi orang-orang yang suka berjualan. Karena sembilan pintu rezeki itu ada di perdagangan kan ya, maksudnya pintu-pintu rezeki itu banyaknya ada di perdagangan, dan rasulullah juga seorang pedagang jadi menjadi sunnah bagi kita untuk berdagang. jadi saya salut banget sama orang-orang yang memiliki jiwa berdagang.

Sekian ya teman-teman. Semoga kegiatan seperti bisa bisa di contoh oleh daerah-daerah lain, dan semoga tulisan ini bermanfaat.
See you..




11 komentar:

  1. Kna kan kan, ini nih salah satu yang bikin aku mau ke Yogya Pop. Kan jadi pengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. yukk mbak ze mborong ke sunmor kwkw

      Hapus
  2. Pop, kalo mbak main ke Jogja, bisa jadi guide gak? Hehe. Ada rencana main ke Jogja April nanti. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dong mbak, kabar2 aja kalo ke Jogja ya :*

      Hapus
  3. Wah lucu ya namanya di-inggriskan. Kalau disini ada juga Pasar Minggu. Jadi Sunmar dong hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iy Fir namanya uniqq, kalo di Bengkulu Pasar Minggunya dibuka setiap hari hhee

      Hapus
  4. Ouh sekarang sudah ada Sunmor yah, kalo dulu yg seperti ini ketemunya pas "sekatenan" ajah. 18 tahun berlalu dari Jogja, jadi kangen. Terima kasih mbak, tulisannya menimbulkan kerinduanku akan Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas di sekatenan juga murah2 hehe

      Hapus
  5. wah, asik banget ya. Bengkulu juga ada nih sunmor

    BalasHapus
  6. anak-anak saya suka kalo diajak ke pasar beginia, cuma emaknya yang ga kuat

    BalasHapus
  7. kalo di curup, pasar kaget ini namany mpop :D
    hahahaaa
    come, visite to Curup (promosi)

    BalasHapus

ditunggu kritik dan sarannya ya,