Selasa, 27 Maret 2018

Cara Berkunjung ke Digital Library Universitas Negeri Yogyakarta

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka kemajuan di dunia pendidikan semakin maju untuk meningkatkan kualitas pendidikan. salah satu fasilitas yang tidak bisa dipisahkan dari lembaga pendidikan adalah perpustakaan. Nah perpustakaan dihadirkan selain untuk meningkatkan minat baca, juga sebagai wadah untuk menggali informasi lewat buku-buku.

model by mbak Frida :D

Nah dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih saat ini perpustakaan tidak harus menyimpan buku-buku dalam bentuk hardcopy loh, saat ini di Universitas Negeri Yogyakarta telah hadir Digital Library (Pepustakaan Digital), keren banget kan ya? Iyaaa dong (jawab sendiri) haha

Digital Library UNY diresmikan tahun 2018 ini saya lupa tepatnya.  Jadi di perpustakaan digital kita difasilitasi seperangkat komputer untuk berselancar mencari referensi bisa berupa buku, jurnal, artikel, dan penelitian-penelitian mahasiswa. Bermanfaat banget bagi teman-teman mahasiswa atau peneliti yang sedang mencari banyak referensi untuk tugas atau keperluan mereka.

udah banyak juga yang kesini, kamu kapan?
Nah karena ini baru, ciyee baru. Jadi banyak yang belum tau dan belum paham bagaimana cara masuk dan sistem perpustakaan digital ini. yay, biasanya kalo ke perpustakaan kita berjumpa buku-buku dengan segala bentuknya kan ya? Dari yang kurus sampe yang gemuk #eh dari yang tipis sampe yang berlapis-lapis. Tapi berkunjung ke digital library kita gak akan ketemu buku, yakin deh yang alergi buku bakal betah disini wkwk

So, saya akan berbagi pengalaman pertama saya ketika berkunjung ke Digital Library Universitas Negeri Yogyakarta. I think, akan sama saja kalo kamu nanti berkunjung ke Digital Library tempat lain, yaa paling beda-beda tipislah.

Pertama, masuk melalui pintu di lantai satu disana kita akan berjumpa security, sofa-sofa dan meja untuk buat tugas atau sharing ke teman-teman kamu. Dan yang yang paling penting disana ada dua komputer  yang harus didekati hehe, nah kamu bisa langsung tunjukin KTM kamu ke komputer yang ada tempat buat mencocokan barkod KTM kamu. And then KTM kamu akan terdeteksi sebagai mahasiswa aktif dan kamu boleh masuk berkeliling perpustakaan.

Ruangan di Lantai 1
Kedua, pasti bakal bingung mau kemana? Kaya aku sama mba Frida haha. Ternyata perpustakaannya ada di basement jadi kita turun ke lantai bawah lagi. Turun lewat tangga yang ada disebelah lift ya.

Ketiga, taraaa kita masuk ke kebun apple (bukan apel ya) hihi, teman-teman kampus bilangnya kebun appel karena komputer dan perangkatnya ber-merk apple.  Sebelum masuk ke perpustakan kita ke meja petugas perpustakaan terlebih dahulu untuk mengambil keyboard dan mouse dengan menunjukan KTM. Hmmm, kurang tau sih kenapa keyboard-nya gak langsung di pasang di dekat komputernya. Mungkin karena masih baru hehe

meja petugas
Ke-empat, kamu sudah bisa masuk mengoperasikan perpustakaan digital ini. mau mencari jurnal, artikel, tesis, skripsi, disertasi atau buku-buku yang kamu butuhkan untuk kuliah dan keperluan penelitian lainnya. Tempatnya nyaman banget bersih, adem, gak rame, dan gak sepi juga. Pokoknya kudu nyobain berkunjung ke perpustakaan digital Universitas Negeri Yogyakarta. oh ya kamu duduk berdasarkan nomor yang ada di keyboard ya, cek dulu nomor yang ada di sebelah kanan atas keyboard yang kamu dapat.

Nomor tempat duduk kanan atas yang B02BM. artinya duduk di meja B2

Terakhir, setelah selesai jangan lupa keyboard dan mouse nya dikembalikan ke meja petugas perpustakaan ya. Komputernya gak perlu dimatikan nanti petugasnya yang akan mengurus.

lagi akting serius :D
Sekian tulisan saya kali ini, saya langsung nulis di perpustakaan digital loh, soalnya kalo udah keluar takut lupa dan gak jadi ditulis. Maklum akhir-akhir ini blog sedikit dicuekin karena tugas kuliah yang menumpuk (alaaah alesan) hhehe..

See you dear…


2 komentar:

  1. Tertrik.
    Di tempat kami belum ada perpustakaan seperti itu kakak.

    BalasHapus
  2. Sukses terus ya mbak mpop... 😘😘

    BalasHapus

ditunggu kritik dan sarannya ya,

 

diarypopi.com Template by Ipietoon Cute Blog Design