Selasa, 05 Juni 2018

Pengalaman Pertamaku Menggunakan Softlens

Hayoo siapa matanya yang sudah minus? Kalo baca tulisan dari kejauhan udah gak kebaca lagi terus kalo lihat orang dari jarak beberapa meter udah ngeblur? Yash, kalo ada kita sama.

Pertama kali saya cek ke dokter mata sekitar tahun 2015, dan dinyatakan minus 0.75 kalo gak salah sekitar segitu. Mulai sejak saat itu saya dianjurkan sama dokternya buat pake kacamata. Jadi saya mulai pake kacamata kalo pas mau baca tulisan dari jarak jauh, misalnya lagi kuliah, juga baca buku, main laptop, dan nonton tv.

Bukan Endorse ya

Belum PD buat pake kacamata terus-menerus, padahal dokter menganjurkan buat dipake terus-menerus. Nah dengar cerita temen-temen juga banyak yang bilang kalo gak rutin dipake malah bikin minusnya bertambah, hmmm masih keras kepala karena belum terbiasa dan sempat sakit kepala gitu awal-awal  pake kacamata.

Satu tahun atau dua dua tahun kemudian saya cek lagi ke dokter, dan benar minusnya bertambah. Masalahnya memang udah kerasa agak beda kacamatanya kok gak seterang pertama kali pake hehe. So, saya ganti lensa kacamata yang minusnya lebih tinggi dari sebelumnya huaaaa. Sampai saat ini minusnya udah 1.75 kanan dan 1.25 kiri, yang kiri juga ada silindernya.

Mulai membiasakan pakai kacamata sejak lulus kuliah tahun 2016 hingga sekarang. Kadang pakai kacamata terus-terusan bikin mata jadi pegal-pegal juga, terus yaa pokonya kurang nyaman gitu. Kadang  kalo lihat orang pake kacamata jadi lebih keren gitu kan, tapi bagi saya kalo bisa gak pake aja hehe

Nah belum lama ini saya nyobain pake softlens, alasan utama buat pake soflents bukan buat gaya-gaya’an, bener ! saya coba pakai soflents untuk mengganti kacamata, kan kalo pake kacamata apalagi yang kerudungan kadang bikin jilbab atau kerudung gak rapi, ye kan? Terus rentan jatuh atau pecah, yah banyak drama gitu bagi pengguna kacamata.


Sebelum memutuskan beli soflents saya udah ngubek-ngubek mbah google, yotube, dan nanya ke temen yang udah lama pake, dengan banyak pertimbangan akhirnya saya coba. Hasilnya gimana? Saya pengen ketawa sendiri kalo ingat pertama kali belajar masukin soflents ke mata hheee.

Butuh waktu sekitar satu jam buat pakai soflents, karena baru pertama kali ya, jadi sering gagal, sampe mata jadi kayak nangis dan merah, terus pernah kebalik pake soflentsnya (haha norak), jadi nge-ganjel gitu kalo kebalik, saya coba selama dua jam buat pake, tapi akhirnya menyerah mata kerasa sakit dan gak nyaman, pas  di kampus saya lepas lagi dan kembali pake kacamata.

Dari sumber-sumber yang saya baca, memang sering seperti itu bagi pemula yang menggunakan soflents. Hal itu terjadi bisa jadi karena gak cocok dengan softlensnya atau belum terbiasa aja. Untuk saat ini saya belum ketemu soflents yang cocok jadi masih nyaman pake kacamata.


Oh iya, pasti teman-teman juga pada takut kalo mendengar ada yang menggunakan softlens, banyak berita juga yang beredar tentang efek samping dari softlens. Sebenarnya aman atau tidaknya tergantung dari si pengguna. Kalo yang pake sudah benar cara menggunakannya inshaAllah aman. Oleh sebab itu sebelum kita memtuskan buat pake softlens gali dulu informasi yang banyak tentang softlens ya. Mulai dari cara memakai, cara melepas, cara merawatnya, merk yang bagus seperti apa, lama waktu pemakaian, kapan waktu yang tepat untuk pake, dan lainnya. Jangan sampai menggunakan softlens yang kurang tepat jadi menurunkan kesehatan mata kita atau bahkan menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan.

kayaknya saya belum tertarik untuk pake soflens lagi, pertama saya orangnya gak mau ribet, kan kalo pake soflens harus detail banget, terus perawatannya juga harus telaten agar soflens tetap higienis, ketiga saya suka pengen cepet kalo kemana-kemana kalo harus menambah waktu persiapan sekitar 30 menit buat soflens kayaknya belum bisa deh hehe. iya mungkin kalo ada event apa gitu bisa beli yang sekali pake, nikahan misalnya kwkw

Nah satu lagi, jangan tergiur dengan soflents murah yang bertebaran di online shop ya, pastikan kalian beli ditempat yang aman dan terpercaya, misalnya ke optik atau langsung konsultasi ke dokter mata.

Sedikit pengalaman saya  first time menggunakan softlens, kalau kalian punya cerita dan pengalaman yang bisa share di komentar yaa..

See you…


0 komentar:

Posting Komentar

ditunggu kritik dan sarannya ya,

 

diarypopi.com Template by Ipietoon Cute Blog Design