Senin, 21 Januari 2019

RESEP CHAI KWE | KULINER KHAS PONTIANAK


Halo semuanya, gimana kabarnya? Semoga selalu happy yaa..

Kemarin saya dan teman-teman kuliah kumpul bareng setelah sekian lama nggak berjumpa, karena saat ini masa-masa libur dan buat kami mahasiswa semester akhir bakal jarang ketemu karena sudah nggak ada jadwal kuliah, tinggal menyelesaikan tugas akhir saja. Mohon doanya ya teman-teman!

Jadi kemarin kami kumpul disalah satu kos temen kami, biasa kalo udah kumpul pasti ada makan-makan gitu kan ya. Nah kali ini sangat menarik, karena kami membuat makanan khas salah satu daerah teman kami, yaaps makanan khas Pontianak Kalimantan Barat. Senengnya punya banyak temen yang beda daerah itu ya gini bisa saling tukar-menukar, tukar cerita, ide, dan resep masakan.

Hayooo, udah pada tau belum apa sih makanan khas Pontianak? Penasaran kan haha, namanya CHAI KWE, lucu kan? Saya aja baru tau nih hihi.

pic by me
Chai Kwe ini masakan yang mirip pastel, hanya saja chai kwe dikukus tidak digoreng. Sehingga digolongkan menjadi kue basah. Kulit chai kwe yang tipis terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka, dibuat setipis mungkin agar tidak keras pas dikukus. Nah yang gak kalah menarik adalah isi chai kwe, berbagai macam isinya seperti bengkoang campur ebi, keladi, daging ayam, bervariasi. Oya asal makanan ini dari Tionghoa gengs, karena di Pontianak banyak keturunan orang Tionghoa gitu.

pic by me
Nah yang kami buat kemarin bareng teman-teman chaik kwe isi bengkoang campur ebi, enakkk banget. Pembuatan chaik kwe kemarin dipandu oleh chef andalan kami (salah satu temen asli Pontianak) wkwk

Saya sengaja minta resepnya biar nanti bisa bikin sendiri sambil mengingat kenangan bersama mereka *eyaa. Karena cepat atau lambat saya dan teman-teman akan berjalan pada jalan masing-masing, entah pulang ke daerah asal, atau merantau lebih jauh lagi. Dududu kok malah jadi melow..

Udah ni langsung aja saya bagi resepnya, siapa tau ibu-ibu dirumah lagi bingung mau masak apa atau buat calon ibu-ibu haha, masak yang belum pernah aja, bisa jadi nanti ketagihan. Hehe

CHAI KWE KULINER KHAS PONTIANAK

Bahan Isi:
1,5 Kg Bengkoang
2 ons udang ebi
7 bawang putih
Merica, masako, garam, dan gula

Bahan Kulit:
½ kg tepung beras
4 ons tepung sagu
Garam, minyak sayur, air panas
Daun pisang untuk mengukus

Topping :
10 bawang putih di ptong kecil-kecil
Minyak sayur

Kuah Sambal:
Cabai
6 bawang putih
Air, Gula, Garam, dan Jeruk Sambel

Cara membuat:
-Untuk isi, kupas dan potong bengkuang kecil-kecil dan memanjang sekitar 5 cm. Bersihkan ebi, lalu tumis dengan bumbu-bumbu yang telah disediakan tadi. Tambahkan sedikit air.

-Untuk kulitnya, panaskan air, kemudian buat adonan tepung beras dan tepung sagu. Adon sampai kalis, kemudian dibentuk seperti kulit lumpiah tipis-tipis, kemarin kami menggunakan gelas atau botoh untuk menggiling adonan agar tipis, kemudian dicetak bisa menggunakan mulut gelas atau tutup toples. Setelah dicetak masukkan isi (bengkoang campur ebi) tadi sesuaikan sama bentuk kulitnya ya. Dibuat kayak pastel itu ya gengs.

-setelah itu dikukus, nah sebelum dikukus letakkan diatas daun pisang potong sesuai ukuran pastelnya, kemudian lumuri dengan sedikit minyak goreng sebelum dikukus agar tidak lengket. Kalo udah matang, langsung diangkat deh.

-sambil nunggu kukusan yang lain matang, bisa bubuhi toppingnya yang terbuat dari irisan bawang putih yang sudah digoreng. Sampai sini sudah bisa disantap loh !

-nah biar lebih endeuss, makannya pakai kuah sambel. Bahan yang sudah disiapkan tadi dihaluskan tambahakan air kemudian dimasak sampai matang. Beres, langsung dihidangkan dengan chai kwe yang udah jadi tadi.

Rasanya enak banget, apalagi dimakan pas masing hangat-hangatnya. Nyammm ! yang suka masak wajib banget cobain masakan khas Pontianak ini. bahannya pun gak terlalu sisah dicari. Sekian resep chaik kwe ala kami, semoga bermanfaat ya…



0 komentar:

Posting Komentar

ditunggu kritik dan sarannya ya,

 

diarypopi.com Template by Ipietoon Cute Blog Design