Kamis, 26 Maret 2020

TIPS AGAR TIDAK PANIK MENGHADAPI CORONA VIRUS

Saat ini negara kita sedang diuji dengan wabah virus corona yaitu covid 19. Semua media yang ada di plosok negeri setiap saat menyiarkan perkembangan dari virus corona ini. Aah betapa populernya engkau saat ini wahai virus corona, tidak hanya menggemparkan negeri kami tapi hampir di negara seluruh dunia. Penyebaran virus yang begitu cepat, engkau menjadi musuh kami yang tak kasat mata. Banyak korban yang telah meninggal dunia, banyak pula yang dinyatakan positif covid 19. Negeri kami seketika berubah suasananya, menjadi menakutkan, kami dihimbau untuk berdiam diri didalam rumah saja untuk mencegah virus ini agar tidak semakin banyak penyebarannya.

Sebagian orang mungkin terasa sangat bosan sekali berdiam diri dirumah, paling kegiatan yang dilakukan menonton televisi, main gadget, berselancar di media sosial, bisa jadi kepanikan semakin menjadi-jadi karena melihat banyak berita-berita yang tersebar luas di media massa yang belum tentu kebenarannya. Ketakutan yang berlebihan malah bisa membuat daya tahan tubuh lemah loh, panik yang berlebihan dapat menjadikan kita stress dan tentu bisa menurunkan daya tahan tubuh.


Padahal hal dasar untuk dapat mencegah virus covid 19 ini adalah dengan menjaga sistem imun agar selalu stabil. Nah teman-teman sangat perlu untuk kita melakukan beberapa hal untuk mengurangi kepanikan menghadapi virus corona ini. Apalagi saya ibu rumah tangga yang memang sudah biasa dirumah, nah sebagai IRT memiliki peran yang penting juga untuk menjaga diri dan keluarga agar tidak terpapar virus corona. Please jangan panik, mari kita bahu membahu agar terhindar dari virus ini.

Yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kepanikan yaitu:

IKUTI HIMBAUAN PEMERINTAH
Teman-teman sebagai negara yang memiliki pemimpin, tentu ketika ada permasalahan dalam suatu negara pemimpin negara akan mengambil suatu keputusan dan kebijakan yang telah dirundingkan dengan berbagai pejabat negara dalam menangani masalah tersebut. Nah pada kasus virus corona ini pemerintah kita sudah memberi himbauan untuk di rumah saja, sering mencuci tangan dengan sabun (jika belum menemukan air bisa menggunakan hand sanitizer), makan makanan yang sehat dan bergizi, pola hidup sehat, menjaga jarak (social distancing), semprot desinfektan, dan menghindari keramaian.

Buat teman-teman yang memang tidak ada keperluan yang sangat penting, jangan keluar dulu, tetap dirumah aja. Nah lain lagi untuk orang-orang yang memang bekerja harian, jika mereka tidak bekerja diluar mereka tidak makan. Sebenarnya itu ibarat buah simalakama juga, kalo tidak kerja tidak bisa makan, kalo keluar pun ada resiko kemungkinan terpapar virus. Semoga pemerintah juga memberi kebijakan serta bantuan untuk orang-orang yang kurang mampu, agar mereka tetap bahagia didalam rumah tanpa beban kelaparan.

CERMAT MENERIMA INFORMASI DI MEDIA SOSIAL
Dengan adanya internet, walaupun di rumah aja, kita bisa mengetahui apapun yang sedang terjadi di luar sana. Jelas saja ini adalah sebuah keuntungan untuk kita di era serba digital ini. Walaupun di rumah kita masih bisa melakukan beberapa aktiivitas seperti belajar, mengajari anak-anak belajar online, belanja online, jualan online, membaca informasi penting, meng-update perkembangan virus corona itu sendiri. Nah saat ini media sosial, televisi, radio, media elektronik lainnya topiknya selalu membahas virus corona. Kadang saya juga pusing bacanya saking banyaknya berita tentang virus corona. Tidak semua yang kita lihat dan baca adalah benar, kita harus bisa membedakan mana berita yang hoax dan fakta. Berita hoax kadang bikinkita malah jadi panik berlebihan, oleh karena itu baca berita-berita dari sumber yang terpercaya, seperti media yang dimiliki pemerintah, website-website yang selama ini kita percaya kebenarannya. Oya kalo dapat info mengenai apapun jangan langsung asal share ya, cari tahu dulu kebenarannya.

MEMBELI BARANG KEBUTUHAN SECUKUPNYA
Teman-teman yang suka panik berlebih suka memborong barang kebutuhan berlebihan juga, jangan ya gaes. Kalo mau beli kebutuhan kita, beli aja secukupnya, jangan sampe nyetok banyak dirumah sampe nimbun. Kita ini hidup di bumi banyak manusia lain juga yang mau hidup, bukan kita aja. Emang mau ntar yang hidup cuma keluarga kita doang yang lain lenyap di muka bumi karena kelaparan gak ada makanan, karena bahan makanan kamu borong sebanyak-banyaknya. So, seberapa kaya pun kita gak perlu memborong barang kebutuhan, okey. Termasuk kayak masker, handsanitizer, dan lainnya. Sampe sekarang tuh produk jadi langka, petugas medis yang membutuhkan aja jadi gak kebagian karena barangnya dimana-mana menghilang, kalo pun ada harganya menjulang ke langit, astaghfirullah. Sedih saya tuh gaes kalo banyak orang yang kayak gini, semoga teman-teman yang lagi baca gak begitu ya.

JANGAN LUPA BANYAK BERDO’A
Semua yang terjadi adalah kehendak dan kuasa Allah, Allah mendatangkan penyakit pasti ada penawarnya. Rasa sabar, ikhlas, dan syukur kita tengah diuji oleh yang Maha Esa. Kita harus yakin kita pasti bisa melewati ujian ini. Apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan, bulan yang selalu kita rindukan. Beramai-ramai ke masjid shalat tarawih, berbuka bersama dengan ceria bersama keluarga besar, dan banyak lagi keceriaan-keceriaan yang kita rindukan di bulan Ramadhan. Ayoo teman-teman dalam setiap sujud kita, doakan negeri ini agar diangkat segala penyakit yang ada termasuk virus corona ini.

Nah yang saya tulis adalah diatas tips dari saya untuk mengurangi kepanikan terhadap virus corona ini, mungkin teman-teman ada tips lain monggo bisa banget ditulis di kolom komentar.

Oya sedikit saya tambahkan, semanjak virus corona ini semakin cepat penyebarannya. Saya mulai membantu suami saya untuk mencegah paparan dari virus ini. Karena suami masih harus kerja ke kantor, tidak ada libur. Saya paham karena profesi mereka sebagai anggota kepolisian tentu mereka sama seperti petugas medis tugasnya, harus profesional. Karena peran mereka saat ini sangat dibutuhkan.

Saya takut karena masih kerja diluar suami membawa virus kerumah, jadi sekarang setiap baju yang suami pakai dari luar langsung dicuci semuanya, gapapa capek dikit yang penting ada ikhtiar untuk hidup sehat, setelah sampai rumah langsung mandi,terus suami sekarang kalo kerja bawa bekal untuk makan siang. Itu tips juga dari saya untuk para mamak-mamak yang suaminya masih kerja diluar.
Semoga tulisan ini bermanfaat ya, yang berkenan boleh banget ninggalin jejak. Nanti aku bakal mampir juga di blog teman-teman. See you all...

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti program #NulisSerempak bersama Blogger Bengkulu

0 komentar:

Posting Komentar

ditunggu kritik dan sarannya ya,

 

diarypopi.com Template by Ipietoon Cute Blog Design