Kamis, 27 Agustus 2020

BOOK REVIEW : MATAHARI SERI BENDA LANGIT BERCERITA

Aku punya keponakan yang usianya hampir dua tahun (Hannah namanya), waktu dia masih bayi, aku kasih hadiah buku, awalnya aku mikir masih terlalu cepat buat kasih Hannah buku. Eh semakin kesini aku jadi tau sebenarnya buku itu bermanfaat banget bahkan sejak bayi dalam kandungan loh, karena secara medis bayi dalam kandungan semakin hari perkembangannya smakin menakjubkan, bayi dalam kandungan bisa mendengar apa yang ibunya bicarakan, jadi bacain buku banyak banget manfaatnya untuk janin. Jadi pas hamil anak pertamaku (Adhwa) aku udah mulai koleksi buku, aku bacain walaupun Adhwa masih dalam perut hehe. Kenapa aku bilang bermanfaat? karena dengan baca buku kita jadi punya bahan untuk berkomunikasi dengan si anak.





Nah sekarang ku lihat Hannah itu suka banget nanyain sesuatu yang kadang aku bingung mau jawab apa. Termasuk dia suka nanyain mana matahari, mana bulan, dia suka sekali menggambar bintang, pokoknya benda-benda langit yang terlihat olehnya pasti bakal dia tanya.

Pas banget aku dikirimin buku Seri Benda Langit Bercerita yang judulnya Matahari oleh penulisnya langsung. Aku udah bacain ke Hannah, wah doi tertarik dong apalagi bukunya menarik karena disertai gambar yang menarik perhatian si kecil. Semenjak ada buku ini aku jadi gak kelabakan mau jawab pertanyaan-pertanyaan Hannah. Aku juga bacain ke Adhwa, dia juga suka banget dengar aku baca bukunya sambil fokus memperhatikan gambar-gambarnya.

Review buku Seri Benda Langit Bercerita

Judul: Matahari
Penulis: Erlita Pratiwi
Editor: Yenni Saputri
Desain Sampul dan isi: Diah Nurwendah
Penata Letak Isi: Tri Mulyani Ch
Ilustrator: Chaterine Hay
Proofreader: Cahayadi Prabowo
Tahun Terbit: Juni 2020   
           
Matahari merupakan sebuah bintang karena ia dapat menghasilkan cahaya sendiri. Diamaternya 109 kali diameter bumi loh! Waaah gede banget. Matahari terlihat kecil karena jaraknya jauh dari bumi, masih banyak lagi bintang yang jauh lebih besar ukurannya dari matahari.

Matahari terlihat berwarna kuning karena ada lapisan atmosfer di bumi, di ruang angkasa warnanya terlihat putih, hanya para astronaut yang bisa melihatnya di ruang angkasa.


Kemarin pas aku bacain bukunya ke Hannah, aku nyebutin hidrogen. Nah ditanya balik oleh Hannah. Aku gak kebingungan lagi menjelaskannya. Inti hidrogen dalam tubuh matahari bertabrakan membentuk atom helium mejadikan matahari panas dan bersinar. Hannah nanya "mana hidrogennya?" Di buku ini udah ada ilustrasi gambarnya jadi aku tinggal tunjukin gambarnya dan menjelaskan arti hidrogen yang ada di kamus kecil bagian bawah.

Seru banget baca bukunya untuk anak-anak. Selain colorful dan gambarnya menarik ada kamus kecil juga untuk kosakata ilmiah yang belum dimengerti anak bahkan kita aja kadang lupa pengertian istilah-istilah ilmiah, maklum ya mak udah lama lulus SMA hehe.


Oya bukunya juga ngasih tau apa aja manfaat matahari bagi kehidupan, tentu dengan gambar-gambar yang menarik jadi enak banget kita jelasin ke anaknya.

Sesungguhnya aku penasaran dengan buku-buku judul lainnya dari Seri Benda Langit Bercerita ini, semoga nanti bisa punya semua judulnya. Aamiin

Yuk bunda ajak anak-anaknya baca buku juga !!

0 komentar:

Posting Komentar

ditunggu kritik dan sarannya ya,

 

diarypopi.com Template by Ipietoon Cute Blog Design